Tahun Ini, Guru PNS Depag Bakal Karungi Duit

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, H Azharuddin.

LOMBOKTIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Guru PNS jajaran Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2019 ini bersiap-siap membuat perencanaan pribadi seperti bangun rumah, pergi umrah, beli mobil hingga yang berminat kawin lagi.

Semua itu akan bisa terpenuhi karna tak lama lagi akan terima rezeki nomplok. ‘’Tak usah pakai tas ambil uangnya, bila perlu bawa karung,’’ kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, H Azharuddin kepada Lombok Today (https://lomboktoday.co.id), di ruang kerjanya, Rabu (24/4).

Keterangan yang disampaikan Kepala Kemenag Lotim itu, uang gratis yang akan diterima anak buahnya itu bersumber dari selisih pengalihan sistem pembayaran sertifikasi yang beralih ke sistem pembayaran Tunjangan Kinerja (Tukin). Di mana, sebelumnya sertifikasi di bayar Rp4 juta per bulan, kini dinaikkan menjadi Rp5,8 juta per bulan.

Tunjangan Kinerja itu akan dibayar terhitung mulai 2015 sejak diberlakukan sistem pengalihan dari sistem sertifikasi ke sistem Tukin.

Dijelaskan, dari kenaikan Rp4 juta menjadi Rp5,8 juta, maka terdapat selisih yang belum terbayar sebesar Rp1,8 juta per bulan yang akan dibayar tahun 2019 ini terhitung sejak 2015.

‘’Tinggal dikalikan saja Rp1,8 juta per bulan kali 4 tahun, maka duitnya tinggal dikarungin saja,’’ ungkap Kemenag.

Lebih lanjut Kemenag menerangkan, guru PNS yang kejatuhan bulan ini, adalah guru golongan 3 dan 4 dan masuk grade 11. Dan untuk semua guru PNS yang golongan 3 dan 4, sebanyak 90% masuk kategori grade 11 tingkat kinerjanya.

Namun demikian, kata Azharudin, akan dilihat ketersediaan anggaran. Jika anggaran tercukupi tahun 2019 ini bisa jadi dibayar full, namun jika tidak tercukupi maka akan dibayar bertahap hingga 2020 mendatang.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply