Bupati Sukiman Buka MTQ 28 Tingkat Kabupaten Lotim

 

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Kabupaten Lombok Timur, resmi dibuka Bupati HM Sukiman Azmy.

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan beduk. Acara yang berlangsung pada Sabtu (27/4) atau bertepatan dengan 21 Sya’ban 1440 Hijriyah, di Desa Wisata Tete Batu, Kecamatan Sikur itu, dihadiri Forkopimda, kepala OPD, camat, lurah/kades, ketua TP PKK Kabupaten Lombok Timur dan masyarakat setempat.

MTQ tingkat Kabupaten Lombok Timur digelar selama 7 (tujuh) hari, dimulai dari tanggal 27 April-3 Mei 2019, dengan tema  ‘’Menuju Generasi Qur’ani’’.

Pelaksanaan MTQ kali ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana, pelaksanaanya dilaksanakan di salah satu desa wisata. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan geliat wisata di daerah itu.

Bupati Sukiman dalam sambutannya mengatakan, MTQ kali ini diselenggarakan dengan sederhana, menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadan, yang tentunya memiliki keistimewaan sendiri terhadap bulan ini. Sehingga dari kesederhanaan ini, akan muncul prestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun international, sebagaimana sudah diukir para kafilah, qori’-qoriah dan anak-anak yang berasal dari Lotim.

‘’Dengan kegiatan kesederhanaan dalam menyambut MTQ ini, tentunya akan mengukir prestasi yang gemilang, nantinya dari para kafilah maupun qori’-qoriah kita di Lotim ke tingkat yang lebih tinggi,’’ kata Bupati Sukiman.

Ia mengungkapkan, kesederhanaan dalam MTQ ini harus ditunjukkan, karena bukan tempat untuk hura-hura maupun pesta pora. Tapi yang harus dilihat atau hikmahnya adalah, keberkatan dari Al-Qur’an. Akan tetapi sungguh di luar dugaan semangat antusiasme masyarakat untuk menyambut kegiatan MTQ ini sungguh luar biasa.

‘’Berterima kasih kepada masyarakat atas antusiasme untuk menyambut kegiatan MTQ ini meski dengan kesederhaan,’’ ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Mantan Dandim 1615 Lotim ini, menyinggung tulisan MTQ menuju generasi qur’ani, tidak akan bisa kalau tidak pernah membaca Al-Qur’an, kemudian memahami arti, maksudnya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap apa-apa yang terkandung dalam Al-Qur’an tersebut.

‘’Kalau kita tetap mengamalkan ajaran yang terkandung dalam isi kitab suci Al-Qur’an, maka Allah akan menempatkan pada derajat yang tinggi, dari orang-orang yang tidak pernah membacanya. Allah telah menjanjikan kepada umatnya, akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada umatnya, yang sering membaca Al-Qur’an,’’ katanya.

Oleh karena itu, lanjut Sukiman, melalui MTQ ini diharapkan masyarakat untuk memulai melakukan ibda binafsiq dulu, dengan mewajibkan diri untuk tidak menerima tamu, nonton tv setelah salat magrib. Akan tetapi, bacalah Al-Qur’an. Begitu juga dengan setelah selesai salat subuh, harus membaca Al-Qur’an agar menjadi hidup yang lebih bermakna.

Begitu juga dalam kegiatan MTQ tingkat provinsi, nantinya bisa memperoleh juara, tidak saja juara satu atau dua, akan tapi paling tidak bisa memperoleh juara tiga, karena pada MTQ sebelumnya Lotim berada pada urutan ke 6.

‘’Mudahan-mudahan dalam MTQ tingkat provinsi kita bisa mengukir prestasi yang menggembirakan bagi Lotim,’’ harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelanggara MTQ ke-28 Tingkat Kabupaten Lombok Timur, H Sahabuddin, dalam laporanya menyampaikan, jumlah peserta pada pelaksanaan MTQ tahun ini sebanyak 572 orang, dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Lombok Timur dengan rincian; Kecamatan Keruak 28 orang pura-putri, Jerowaru 28 orang putra-putri, Sambaalia 19 orang putra-puri, Sembalun 17 orang putra-putri, Suela 13 orang putra-putri, Masbagik 35 orang putra-putri.

Selain itu, Kecmatan Pringgasela 28 orang putra-putri, Terara 17 orang putra-putri, Labuan Haji 29 orang putra-putri, Sakra Timur 27 Orang putra-putri, Selong 39 orang putra-putri, Sukamulia 32 orang putra-putri, Pringabaya 21 orang putra-putri, Aikmel 37 orang putra-putri, Wanasaba 16 orang putra-putri, Sikur 21 orang putra-putri, Montong Gading 28 orang putra-putri, Suralaga 40 orang putra-putri, Sakra 35 orang putra-putri, Sakra Barat 26 orang putra-putri dan Lenek 35 orang putra-putri.

Seluruh peserta, lanjut Sahabuddin diinapkan di 2 tempat yakni Green Ory Inn Hotel Tete Batu dan Mountain Hotel Resort.

Sementara itu, cabang-cabang yang dilombakan dilaporkan sebanyak 22 cabang lomba di antaranya; Cabang Tilawah Anak, Remaja dan Dewasa; Cabang Cacat Netra; Cabang Qira’atussob’ah Dewasa dan Remaja; Cabang Tartil Al-Qur’an; Cabang Tahfiz 1 dan 5 Juz Tilawah; Cabang Tahfiz 10, 20, 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia; Cabang Khaf Al-Qur’an Gol Naskah, Dekorasi; Cabang Fahmil Qur’an, Syahril dan Musabaqoh Maskah Ilmiah Al-Qur’an.

Seluruh cabang mata lomba akan dilalsanakan di 7 (tujuh) majelis di antaranya: Cabang Tilawah Anak, Remaja dan Dewasa berada dimajelis 1 di arena medan MTQ; Cabang Tilawah Gol cacat netra, Qira’atussab’ah di majelis 2 Masjid Jami’ Al-Muttaqin Tete Batu; Cabang Tahfiz 10,20, 30 juz dan Cabang Tafsuir Bahasa Inggris, Indonesia dan Arab di majelis 3 Masjid Jami’ Syafaturragibin Lekong Putek, Desa Tete Batu Selatan.

Untuk Cabang Tartil Al-Qur’an dan Tahfiz 1,5 juz dan Tilawah di majelis 4 Musholla Raudatul Ihsan Lekong Pituk, Desa Tete Batu Selatan; Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an di majelis 5 SMP 3 Sikur; Cabang Khat Al-Qur’an Gol Naskah dan Dekorasi di majelis 5 Aula Grren Orry Inn Hotel dan, Cabang M2IQ di majelis 7 Aula Mountain Hotel Resort. ‘’Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan,’’ katanya.(Kml/Adv)

Kirim Komentar

Leave a Reply