Dapil II Lotim Tak Beri Tempat untuk Parpol Baru

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hasil sementara perolehan suara Pileg 2019 untuk DPRD Kabupaten Lombok Timur daerah pemilihan (Dapil 2) yang meliputi Kecamatan Sakra, Sakra Timur, Sakra Barat, Keruak dan Jerowaru, masih diwarnai partai lama yang bakal duduk di kursi legislatif.

Sedangkan partai baru tak ada satupun yang memperoleh suara yang bisa mengantar calegnya untuk mewakili partainya.

Di antara parpol yang bakal mengisi kursi dewan dari Dapil 2 adalah ; kursi pertama Partai Gerindra dengan meraih 16.508 suara, posisi kedua diraih Partai Nasdem dengan mengumpulkan suara 13.893, posisi ke-3 PPP dengan perolehan 13.678, posisi ke-4 PBB jumlah perolehan 13.108, ke-5 PKS mendapat 12.439, posisi ke-6 Partai Golkar mendapat 11.269, posisi ke-7 PKB memperoleh 11.131, posisi ke-8 PDIP memperoleh 9.649, posisi ke-9 PAN memperoleh 8.592, posisi 10 Partai Demokrat 7.798, posisi 11 Partai Hanura memperoleh 6.927, dan posisi kursi terakhir akan jatuh kembali ke PKPI memperoleh 6.860 suara.

Dari 12 kursi yang diperebutkan di Dapil 2 ini, diprediksi pula masih akan didominasi wajah lama. Misalnya saja Partai Gerindra masih menjagokan Khairil Anwar, PKS juga masih bertengger wajah lama Murnan, Partai Golkar masih mempertahankan Yusron Aida, PKB pun masih bertahan Hasbullah, Partai Demokrat belum bisa menyingkir H Abd Aziz, dan PKPI diperkirakan masih bertahan Abdul Muhid.

Sedangkan partai lama yang tidak mengungguli petahana, Partai Nasdem diprediksi akan jatuh kepada Nurhasanah istri almarhum Syamsul Rijal yang periode kemarin mengisi kursi Partai Nasdem Dapil 2, sementara PPP periode 2014 lalu tidak mendapatkan kursi kini bakal terisi oleh L Husnan Karyadi, PDIP kemungkinan besar Fauzul akan mencongkel Syafrudin mewakili Dapil 2. Demikian pula petahana dari Partai Hanura Daeng Ihsan sepertinya harus diambil alih kursinya oleh Mahdan serta PAN bakal diduduki oleh M Wais Alkarni yang juga wajah baru.

Pun demikian PBB yang periode lalu tak mendapatkan kursi kini bakal terisi oleh Tanwirul Anhar. Sedangkan parpol baru seperti Partai Berkarya, PSI, Garuda, Perindo tak masuk nominasi.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply