Gubernur NTB Luncurkan Kapal Cepat Badas Moyo

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat peluncuran kapal cepat.

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah meluncurkan layar perdana kapal cepat rute Badas-Pulau Moyo, Rabu (1/5). Kapal bermuatan 80 penumpang itu akan melayani rute pelayaran Badas-Moyo-Medang (PP).

‘’Saya sering mengatakan perjalanan panjang dimulai dengan langkah pertama. Tidak mungkin akan tuntas perjalanan panjang kalau kita tidak punya keberanian untuk langkah pertama,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Gubernur Zul juga bersyukur dan berharap dengan diresmikankanya kapal cepat ini mampu menghadirkan kesejahteraan masyarakat. ‘’Sebenarnya untuk menghadirkan kesejahteraan rumusnya sederhana, mobilitas masyarakat harus lebih sering. Tidak mungkin Moyo, Medang akan makmur jika mobilitasnya kurang baik. Mudah-mudahan hari ini, walaupun prosesnya panjang dan banyak kendala. Semoga ini menjadi catatan sejarah dan langkah awal untuk kemajuan daerah kita ini,’’ ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Zul juga meminta Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk dapat mengambil peranan jika nantinya hadir kapal cepat selanjutnya.

‘’Mudah-mudahan Badas makin lama makin maju, kapal cepat ini bisa hadir dua atau tiga lagi, namun tergantung aktivitas ekonominya. Kami dari Pemprov NTB sudah memancing dengan memberikan subsidi, mudah-mudahan kapal kedua nanti bisa disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa,’’ ucap Gubernur Zul.

Selanjutnya Gubernur Zul menyampaikan dalam waktu dekat NTB akan menerima penghargaan skala internasional. ‘’Beberapa waktu lalu saya dihubungi bahwa Samota terpilih menjadi destinasi internasional dan memperoleh penghargaan international di Paris. Tidak mungkin Pulau Moyo, Medang dan Tambora akan maju apabila tidak ada konektifitasnya. Ini harus ditindaklanjuti dengan serius,’’ harap Gubernur Zul.

‘’Saya diminta datang ke Paris bersama Bupati Sumbawa, Bima dan Dompu untuk menerima penghargaan itu,’’ katanya lagi.

Gubernur Zul juga sempat menyinggung tentang industri jagung di NTB. ‘’Kita jangan terlalu bangga dengan Jagung dikirim keluar daerah, jagung sebaiknya diolah di sini,’’ ujarnya.

Terkait tentang Teluk Santong, Pelindo III akan membuat pelabuhan yang bagus di Teluk Santong, di sana akan dipusatkan untuk mengirimkan olahan Jagung dari NTB. Insya Allah Sumbawa akan sejahtera, sehingga masyarakatnya bisa nonton MotoGP 2021,’’ ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian dan kerja sama dari berbagai pihak hingga akhirnya peluncuran kapal cepat ini bisa terlaksana. ‘’Terima kasih kepada Bapak Gubernur NTB atas inisiasi yang telah dilakukan sehingga pelayaran perdana pagi ini bisa terlaksana. Ini adalah bentuk usaha dan perhatian Bapak Gubernur NTB. Terima kasih juga kepada seluruh pihak dan operator kapal cepat, kami masyarakat Sumbawa akan mendoakan semuanya,’’ katanya.

Turut hadir pada peluncuran layar perdana kapal cepat tersebut, Forkopimda Kabupaten Sumbawa, kepala OPD Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa, perwakilan Pelindo III, perwakilan Jasa Raharja, berbagai stakeholders terkait dan tokoh masyarakat.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply