Perkuat Silaturahmi, Pemkab Lotim Gelar Safari Ramadhan 1440 Hijriyah

Wabup Lotim, H Rumaksi saat menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid At-Taqwa Dusun Lendang Batu, Desa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) di bawah kepemimpinan Bupati, HM Sukiman Azmy dan Wakil Bupati, H Rumaksi mengawali Safari Ramadhan Tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi di Kecamatan Sukamulia, Kamis malam (9/5).

Masjid pertama yang dikunjung Tim Safari yakni ‘Masjid At-Taqwa’’ Dusun Lendang Batu, Desa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur.

Pada tahun ini, Pemkab Lotim hanya membentuk satu tim saja. Berbeda dari tahun sebelumnya menggunakan tiga tim. Dijadwalkan akan mengunjungi 21 masjid yang ada di 21 Kecamatan se-Lotim, yang dimulai dari tanggal 5 Ramadhan sampai 22 Ramadhan 1440 H/2019 M.

Tim dipimpin langsung Bupati, HM Sukiman Azmy dan Wakil Bupati, H Rumaksi juga didampingi Forkopimda, Sekda Lotim, para asisten, staf ahli, kepala badan dan dinas lingkup Pemkab Lotim, Baznas, dirut BUMD dan para Kabag Setdakab Lotim. Acara diawali dengan salat isya berjamaah dilanjutkan dengan salat tarawih.

Dalam arahan Wakil Bupati, H Rumaksi, Safari Ramadhan Pemkab Lotim rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat Lotim. Terutama keinginan masyarakat di Dusun Lendang Batu, Desa Sukamulia untuk merenovasi Kantor Camat dan perluasan halaman masjid. Wabup memerintahkan TAPD Lotim untuk mengkapernya dalam anggaran pada tahun yang akan datang.

Rumaksi mengatakan, Safari Ramadhan selain untuk mempererat tali silaturahmi pemerintah dengan masyarakat dan membangun kebersamaan, juga berbagi informasi terkait kebijakan pembangunan dan menyatukan persepsi, serta menyerap aspirasi untuk membangun daerah ini.

Tahun ini boleh dibilang merupakan tahun pertama pelaksanaan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. RJMD sebagai penjabaran visi Lombok Timur yang adil, sejahtera dan aman yang dijabarkan dalam enam misi dengan sejumlah indikator.

Misi tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari kesehatan, hingga pariwisata, pendidikan hingga pemberdayaan perempuan. Pelayanan berobat gratis bagi masyarakat juga telah terlaksana,

Selanjutnya salah satu fokus pemerintah tahun 2019 ini adalah pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Dalam lima tahun ke depan, pemerintahannya akan memastikan jalan mulus sepanjang jalan, air mengalir sepanjang tahun, dan listrik menyala sepanjang hari.

Kondisi infrastruktur Lotim masih membutuhkan dorongan signifikan untuk meningkatkan keterhubungan yang secara langsung akan berdampak pada ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Infratsuktur juga merupakan salah satu indikator daya saing daerah.

Akhir tahun 2019 mendatang ditargetkan sedikitnya akan ada 126 kilometer jalan mantap untuk meningkatkan persentase kemantapan jalan Lotim yang turun menjadi 47% pada 2018 lalu. Tahun 2019 ini pemerintah mengalokasikan Rp300 M dengan sistem tahun jamak (multi years) untuk pembangunan infrastruktur.

Di sela-sela acara, Wabup Rumaksi menyerahkan bantuan berupa uang sebesar Rp30 juta kepada pengurus masjid untuk pembangunan dan kitab suci Al-Qur’an dari Kemenag Lombok Timur.

Sementara itu, Camat Sukamulia, L Muh Irwan dalam sambutan penerimaanya menyampaikan, selamat datang kepada tim Safari Safari Ramadhan Pemkab Lotim di Kecamatan Sukamulia.

Irwan melaporkan terkait bidang pemerintahan, telah mengukuhkan perangkat desa serta mengisi perangkat desa yang lowong.

‘’Sementara di bidang pembangunan banyak jalan desa yang Alhamdulilah telah dibantu dari dana aspirasi DPRD Lotim, sebesar Rp600 juta, yang sampai saat ini sedang berjalan.

Selanjutnya bidang kemasyarakatan Alhamdulilah kondusif berkat kerjasama aparat kepolisian, TNI dalam hal ini Danramil dan masyarakat,’’ katanya.(Kml/Adv)

Kirim Komentar

Leave a Reply