Miris, 239 Desa di Lotim Hanya 25 Desa Kategori Maju

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kabupaten Lombok Timur memiliki jumlah desa terbesar dari kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan jumlah 239 desa.

Kepala Dinas PMD Lombok Timur, HM Juaini Taupik .

Berdasarkan data yang dikirim Kepala Dinas PMD Lombok Timur, HM Juaini Taupik kepada Redaksi Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) melalui pesan WhatsApp, Sabtu (11/5) menyebutkan, dari 239 jumlah tersebut jika dilihat dari indek desa membangun (IDM) hingga tahun 2017 lalu, baru 25 desa tergolong desa maju, 178 desa berkembang, dan 36 desa tertinggal.

Capaian tertinggi hanya sampai kategori maju dan belum ada satupun desa yang level tertinggi yakni desa mandiri.

Redaksi Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) memiliki daftar 25 nama-nama desa yang kategori maju sesuai daftar menurut rankingnya di antaranya; ranking teratas ditempati oleh Desa Anjani, berikut Seruni Mumbul, Suralaga, Masbagik Utara, Teros, Terara, Gapuk, Tanjung Luar, Sakra, Perian, Pringgabaya, Penede Gandor, Sembalun Timba Gading, Aik Mel, Pemongkong, Lendang Nangka, Labuhan Lombok, Kilang, Sembalun, Labuhan Haji, Paok Motong, Aik Prape, Sajang, Kembang Kerang Daye dan terakhir Desa Keruak.

Redaksi Lombok Today (https://lomboktoday.co.id) menyimpulkan, desa-desa yang tidak terdaftar namanya pada 25 desa maju yakni sejumlah 214 desa dipastikan berada pada posisi desa berkembang atau desa tertinggal. Baru sekitar 11% yang mencapai desa maju. Padahal seperti diketahui, sudah 7 tahun berjalan pemerintah pusat menggelontorkan dana desa yang nilainya sangat spektakuler hingga mencapai Rp1 miliar perdesa untuk mempercepat pembangunan desa. Tentu akan menjadi pertanyaan publik, mengapa hanya 25 desa tersebut yang bisa mencapai predikat desa maju.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply