Wacana Rolling Kepala SD di Lotim Pasca Lebaran

 

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur mewacanakan akan melakukan rolling dan pergantian kepala Sekolah Dasar (SD).

Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur, M Abasti.

Informasi terkait hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur (Lotim), M Abasti kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya, Rabu (29/5).

Menurut Kabid, pihaknya tak bermaksud akan menggusur total seluruh kepala SD seperti isu yang membuat banyak kepala SD di Lotim kegetiran. ‘’Tak adalah niat kita akan menggusur total kepala SD se-Lotim yang jumlahnya lebih 700 itu. Jangan ada pemikiran oleh para kepala sekolah bahwa rolling atau mutasi jabatan itu identik dengan nuansa politik,’’ kata Abasti.

Dikatakan, sebelum dilakukan rolling atau pergantian kepala sekolah, Dinas Dikbud akan melakukan evaluasi terlebih dahulu untuk melihat mana kepala sekolah yang masih layak dipertahankan atau sebaliknya.

Dalam evaluasi itu juga akan dilihat kepala sekolah yang sudah berkahir periodenya sesuai aturan bahwa kepala sekolah menjabat selama 2 periode. Jika sudah berakhir periodenya maka kepala sekolah tersebut layak untuk diganti dengan maksud untuk penyegaran. ‘’Penyegaran personel dalam lingkup pendidikan perlu dilakukan agar ada perubahan ke arah kemajuan,’’ ujarnya.

Untuk itu, Abasti minta kepada para kepala sekolah untuk tidak berpikir yang macam-macam apalagi berpikir bahwa penyegaran di dunia pendidikan dikait-kaitkan dengan politik.

Yang terpenting bagi para kepala sekolah maupun para guru, kata Kabid, adalah meningkatkan prestasi. Jika seorang kasek yang berprestasi dan berkualitas akan dipertahankan sepanjang belum berakhir periodenya.

Dalam setiap kali dilakukan penyegaran pimpinan sekolah, pihak Dinas akan mengacu kepada usulan yang diajukan oleh Kepala Unit di masing-masing kecamatan. Sebab kata Abasti, kepala UPTD yang paling tahu kondisi di masing-masing sekolah.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply