Besok Pagi, Indonesia Rayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Sidang isbat penetapan 1 Syawal 1440 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama RI.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Meski di Arab Saudi dan beberapa negara Teluk telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah pada hari ini, Selasa (4/6), namun di lima negara termasuk Indonesia baru akan melaksanakan hari raya besok pagi, Rabu (5/6).

Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah setelah Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar sidang isbat pada Senin (3/6). ‘’Bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Selasa besok kita masih berpuasa dan dengan demikian 1 Syawal 1440 Hijriyah jatuh pada Rabu 5 Juni 2019,’’ kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Senin malam (3/6).

Penatapan hari raya Idul Fitri di Indonesia sama juga di Jepang, Malaysia, Australia, dan Pakistan. Komite rukyatul hilal Jepang dan Malaysia telah mengumumkan penetapan Idul Fitri pada Rabu (5/6).

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Perwakilan Kedutaan Besar Umi Emirat Arab di Bangkok, bahwa Islamic Canter di Thailand telah mengumukan hari terakhir Ramadhan adalah pada hari Selasa dan Rabu (5/6) adalah hari raya Idul Fitri.

Sebagaimana dikutip dari msn.com, Pakistan dan Australia juga telah mengumumkan Idul Fitri besok, Rabu (5/6). Penatapan Idul Fitri di Pakistan disampaikan oleh Menteri Sains dan Teknologi Fawad Chaundry.

Sementara Australia adalah negara yang paling pertama menetapkan Idul Fitri yang jatuh pada hari Rabu besok. Penetapan itu diumumkan oleh Dewan Imam Nasional Australia satu pekan lalu.

Berbeda dengan Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, memutuskan bahwa Idul Fitri digelar hari ini, Selasa (4/6). Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Selasa (4/6).

Menurut laporan Arabnews.com, bulan sabit Syawal sudah kelihatan di sebagian wilayah Kerajaan Arab Saudi pada Senin malam (3/6).(red)

Kirim Komentar

Leave a Reply