PBB-UNESCO Akan Resmikan Samota Sebagai Cagar Biosfer

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wilayah Samota (Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora) akan diresmikan sebagai salah satu Cagar Biosfer (suatu kawasan yang terdiri dari ekosistem asli, ekosistem unik, dan atau ekosistem yang telah mengalami degradasi yang keseluruhan unsur alamnya dilindungi dan dilestarikan bagi kepentingan penelitian dan pendidikan).

Selain itu, juga menjadi bagian dari jaringan dunia untuk Cagar Biosfer. Peresmian dilakukan dalam agenda The International Coordinating Council Of The Man, And The Biosphere Programme, UNESCO di Paris, 17-21 Juni 2019 mendatang.

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah bersama jajaran pejabat Pemprov NTB akan memenuhi undangan untuk menghadiri agenda tersebut. ‘’Alhamdulillah Pemprov NTB bersama Pemerintah Kabupaten Dompu, Sumbawa dan Bima menyambut baik penghargaan dan amanah yang diberikan oleh PBB-UNESCO tersebut,’’ kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, di Kantor Gubernur NTB, Jumat (14/6).

Selain itu, keberhasilan yang dicapai dalam mendorong penetapan Samota sebagai Cagar Biosfer ini merupakan buah dukungan beberapa pihak. Antara lain, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Komite Program Nasional MAB Chapter Indonesia, jajaran Pemerintah Provinsi NTB, dan Pemkab Dompu, Bima, dan Sumbawa. ‘’Tidak lupa pula komunitas lokal dan berbagai elemen masyarakat dan individu di tiga wilayah tersebut,’’ ujarnya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply