Gubernur NTB Ajak Seluruh Jajaran Berpikir Inovatif dan Detail

 

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk segera merealisasikan komoditi yang sudah siap diindustrialisasi.

Menurutnya, sebagai awal memulai bahwa daging produksi NTB sangat mungkin dibekukan dengan alat dan teknologi yang pas. Dan ke depan, daging beku harus berasal dari daging daerah kita sendiri.

‘’Inilah awal dari industrialisasi kita dan harus segera direalisasikan. Selain daging segar impor, daging daerah kita juga bisa mulai dibekukan agar tahan lama,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, di Mataram, Jumat (21/6).

Selain itu, Gubernur Zul mengajak seluruh jajaran berpikir inovatif dan detail serta membuat list 10-15 produk- produk di sektor pertanian dan pertambangan, termasuk dengan akan hadirnya smelter, karena akan banyak yang bisa dilakukan.

Bahkan di Sentra Industri Kecil dan Menengah Universitas Teknologi Sumbawa (SIKIM UTS) sudah akan ada pengolahan rumput laut dan daging. ‘’Tahun depan sudah harus memiliki produk-produk unggulan dan mesin-mesin pengolah hasil perikanan, mesin pengolah hasil pertanian, mesin pengolah hasil hutan, perkebunan dan lainnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda NTB, Iswandi menyarankan kepada kepala Bappeda agar fokus terlebih dahulu pada mapping produknya dari semua perangkat daerah yang telah memiliki proses pengolahan/pascapanen. Sebagai contoh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ternyata sudah memiliki proses industrialisasi beberapa produk. Seperti minyak kayu putih, dan lain sebagainya.

‘’Nanti saya akan mengundang semua kepala OPD terkait untuk menghimpun produk-produk olahan yang sudah eksis,’’ katanya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply