Pemprov Terus Genjot Revitalisasi Posyandu Untuk NTB Sehat

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H Iswandi, saat memimpin apel pagi dengan jajaran Dinas Kesehatan, Rabu (26/6).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi NTB terus menggenjot proses revitalisasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) demi mewujudkan masyarakat NTB yang sehat.

Sebagai salah satu misi Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Hj Sitti Rohmi Djalillah, revitalisasi Posyandu merupakan wujud nyata untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bahkan, seluruh Posyandu yang ada di setiap desa akan dilakukan revitalisasi.

‘’Salah satu pola yang menjadi instrumen untuk mewujudkan NTB sehat itu adalah melalui revitalisasi Posyandu,’’ kata Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H Iswandi, saat memimpin apel pagi dengan jajaran Dinas Kesehatan, Rabu (26/6).

Revitalisasi Posyandu ini katanya, harus dipahami dan dilaksanakan oleh semua pihak, terutama jajaran Dinas Kesehatan. Posyandu lanjutnya, tidak lagi sekadar untuk pelayanan balita. Atau hanya sekadar untuk memonitoring kesehatan balita. Namun, Posyandu akan bertransformasi menjadi pusat yang akan melayani seluruh kesehatan keluarga, yang tujuan akhirnya adalah ketahanan keluarga.

‘’Posyandu menjadi basis untuk membangun ketahanan keluarga. Posyandu akan melahirkan kekuarga yang sehat, sejahtera dan berketahanan,’’ ujarnya.

Karena itu, Penjabat Sekda NTB meminta Dinas Kesehatan untuk membangun koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak, terutama dinas atau badan terkait. Ia juga mengingatkan agar jajaran Dinas Kesehatan tidak hanya melaksanakan tugas dan fungsi pada satu dimensi saja. Namun harus dikaitkan dan diintegrasikan dengan program kerja lain. Sebab, indiktor keberhasil dari seluruh program yang ada adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pada saat bersamaan angka kemiskinan akan menurun.

‘’Orientasi kita berada di pemerintahan, tujuannya adalah kesejahteraan. Kita harus memperhatikan bahwa semua yang kita kerjakan tujuannya adalah kesejahteraan masyarakat,’’ katanya didampingi kepala Kepala Dinas Kesehatan; Kepala Biro Humas dan Protokol, Najamuddin; Kepala Biro Pemerintahan,  Irnadi Kusuma; dan Kasat Pol PP.

Karena itu, ia meminta semua pihak untuk meningkatkan komitmen dalam proses revitalisasi Posyandu ini. Sehingga, masyarakat NTB yang sehat, cerdas dan sejahtera betul-betul terwujud dengan baik.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply