Perpendek Antrean di Loket, RSUD Provinsi NTB Terapkan Pendaftaran Online

Kepala Sub Bagian Humas dan Kemasyarakatan RSUD Provinsi NTB, Solikin.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Berbagai terobosan dilakukan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUD Provinsi NTB) dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat di daerah ini. Salah satunya yakni dengan menerapkan pendaftaran sistem online. Hal ini dilakukan guna memperpendek antrean di loket pendaftaran.

‘’Bagi pasien BPJS lama (yang pernah berkunjung ke RSUD Provinsi NTB) dan telah memiliki nomor rekam medis (RM) bisa melakukan pendaftaran secara online dari rumahnya tanpa harus datang ke RSUD Provinsi NTB,’’ kata Kepala Sub Bagian Humas dan Kemasyarakatan RSUD Provinsi NTB, Solikin kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya, Senin (15/7).

Solikin mengatakan, ada beberapa berkas yang harus disiapkan untuk pendaftaran online tersebut di antaranya; kartu pengunjung RSUD Provinsi NTB (nomor rekam medis), kartu BPJS, surat rujukan dari Puskesmas/klinik/rumah sakit, surat control.

Dan bagi pasien yang mendaftar melalui online RSUD Provinsi NTB, kata Solikin, hanya dapat melakukan pendaftaran minimal H-1 dari kunjungan ke poli rawat jalan.

‘’Cara pendaftarannya yakni pasien membuka browser Mozilla firefox/chrome/mobile internet dan mengetikkan halaman pendaftaran online pada website resmi RSUD Provinsi NTB di address bar. Alamat web untuk akses pendaftaran online RSUD Provinsi NTB yakni: https//rsud.ntbprov.go.id/pendaftaran

Di web tersebut pasien harus memasukkan nomor rekam medis (RM) dan tanggal lahir pasien di kolom yang telah disediakan kemudian klik tombol login,’’ unjarnya.

Setelah itu, lanjut Solikin, pasien dipersilakan klik pendaftaran yang ada di menu sebelah kiri unutk memulai pendfataran online. Isi data pasien dengan benar untuk melanjutkan proses pendaftaran poli secara online. Setelah selesai mengisi data, klik tombol daftar kunjungan poli untuk mencetak kode pendfataran.

‘’Pasien akan mendapatkan kode pendaftaran untuk selanjutnya dicetak (print) dan dibawa saat ke RSUD Provinsi NTB. Perlu diketahui bahwa pedaftaran akan secara otomatis expired atau tidak berlaku lagi jika lebih dari 1 minggu pasien tidak mengkonfirmasi ke RSUD Provinsi NTB,’’ kata Solikin.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply