Gubernur NTB Ikut Rapat Terbatas Persiapan MotoGP 2021 Bersama Presiden dan Wapres

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (tengah) saat ikut menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan Wapres HM Jusuf Kalla di Istana Negara.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Rapat terbatas membahas pengembangan destinasi pariwisata prioritas yang digelar Presiden RI, Joko Widodo, melahirkan sejumlah kebijakan baru untuk NTB. Salah satunya adalah dukungan untuk memastikan persiapan MotoGP 2021 di Kawasan Mandalika, Lombok, berjalan sesuai rencana.

Rapat terbatas yang digelar di Istana Negara, Senin (15/7) itu, dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla dan jajaran menteri kabinet kerja, serta lima gubernur. Mereka adalah Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur NTT dan Gubernur Sulawesi Utara.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menerangkan bahwa dalam rapat terbatas bersama Presiden dan Wapres hari ini dibahas persiapan Mandalika menjadi Tuan Rumah MotoGP 2021 mendatang.

Sejumlah proyek strategis yang berkaitan dengan persiapan MotoGP 2021 akan dijamin tuntas tahun depan. Beberapa proyek tersebut adalah, jalan bypass dari BIL ke Mandalika, perluasan landasan pacu Bandara Lombok International Airport (LIA), pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat dan lain-lain.

Presiden Joko Widodo dan Wapres HM Jusuf Kalla.

‘’Presiden memastikan semua infrastruktur pendukung harus selesai akhir tahun depan,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7).

Gubernur Zul mengakui masih ada sedikit persoalan yang mengganjal. Yaitu, pembebasan lahan di tempat sirkuit. ‘’Tapi mudah-mudahan dengan diberlakukannya UU Nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar tanah bisa dibayar tidak terlalu jauh di atas harga normal dan harga pasar,’’ ujarnya.

Kabar gembira lain juga diutarakan Gubernur Zul dari hasil rapat tersebut. Di mana, Menteri Keuangan, Sri Mulyani telah mengalokasikan tambahan dana sebesar Rp6,5 triliun untuk empat destinasi wisata. Empat destinasi wisata tersebut adalah Toba, Mandalika, Borobudur dan Labuan Bajo. ‘’Dan Pak Menteri Pariwisata juga sedang mengusahakan Direct Flight dari Darwin Australia ke Lombok,’’ ujarnya.

Gubernur Zul berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar memberikan dukungan baik tenaga maupun doa. ‘’Agar daerah kita ini tetap dalam keberkahan dan dalam lindungan Allah SWT. Mudah-mudahan dengan ikhtiar maksimal, semua akan indah pada waktunya,’’ kata Gubernur Zul.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply