Lombok Timur Tuan Rumah TTG 2019

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah sedang memukul gong sebagai tanda dibukanya kegiatan TTG, di Lapangan Tugu Selong, Kamis (18/7).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID –  Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XVII tahun 2019 tingkat Provinsi NTB, dipusatkan di Lapangan Tugu Kota Selong, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (18/7).

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy selaku tuan rumah berharap, berbagai hasil inovasi dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (GTT) dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Tidak hanya disosialisasikan, tapi juga difasilitasi untuk produksi secara massal.

Di samping itu, Bupati Sukiman berharap sosialisasi TTG juga dapat semakin ditingkatkan melalui kegiatan road show, sehingga dikenal secara luas. Ia melihat saat ini posisi TTG masih sebagai sesuatu yang kurang diapresiasi masyarakat.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah yang hadir membuka TTG tersebut sangat mengapresiasi harapan yang disampaikan Bupati Lotim itu.

Wagub Rohmi menyatakan bahwa harapan Bupati Sukiman itu merupakan sebuah keniscayaan, terutama berbicara produksi massal atau industrialisasi hasil TTG. Tapi, Wagub Rohmi menyebut hal itu akan dilakukan secara bertahap.

‘’Apa yang disampaikan Bupati Lombok Timur itu adalah merupakan keniscayaan dalam rangka pengembangan industri teknologi tepat guna. Dan secara bertahap dapat diproduksi secara massal,’’ kata Wagub Rohmi.

Wagub Rohmi yang juga mantan ketua DPRD Lotim periode 2008-2014 itu mengakui inovasi yang dihasilkan putra/putri NTB sesungguhnya tidak kalah dengan produk-produk paten lainnya, sehingga masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan kualitas inovasi tersebut.

Bahkan, Wagub Rohmi mencotohkan alat-alat hasil produksi Kotaraja, Kabupaten Lombok Timur, yang secara teknis sesungguhnya sudah diakui.

Wagub Rohmi yang juga kakak kandung Tuan Guru Bajang (TGB) mengajak kabupaten/kota untuk bersinergi guna memecahkan berbagai persoalan yang masih dihadapi Provinsi NTB.

Dan gelaran TTG ini diharapkan pula menjadi ajang untuk bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman, dan wawasan demi pengembangan inovasi dan temuan yang ada.

Gelaran TTG yang berlangsung selama tiga hari ini mengangkat tema ‘’Melalui Gelar TTG Tingkat Provinsi NTB XVII Tahun 2019 Kita Wujudkan Masyarakat Desa yang Inovatif, Kreatif, dan Unggul dalam Menguasai Teknologi, Menuju Desa Mandiri dan Berdaya Saing’’ ini akan ditutup pada Sabtu (20/7) akhir pekan sekaligus pengumuman juara Gelar TTG.

Pembukaan agenda rutin tahunan ini dihadiri pula kepala daerah dari 10 kabupaten/kota di NTB serta Forkopimda, LIPI, dan UKM yang mengikuti pameran pada gelaran ini.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply