Zamroni Optimis Kontingen NTB Borong Juara pada Ajang KSM di Manado

 

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan akan mengikuti ajang Kompetensi Sains Madrasah (KSM) yang akan berlangsung di Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada 16-30 Oktober 2019 mendatang.

Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi NTB, H Zamroni Aziz.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad) Kanwil Kemenag Provinsi NTB, H Zamroni Aziz mengatakan optimis bila Kontingen Provinsi NTB akan berhasil memborong juara pada ajang KSM yang akan berlangsung di Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada 16-30 Oktober 2019 mendatang.

Keoptimisan itu disampaikan Zamroni mengingat banyaknya peserta asal NTB yang sebelumnya telah berhasil membawa nama baik NTB, baik di bidang akademik maupun non akademik.

‘’Saya tidak pungkiri kalau peserta asal NTB itu tidak sedikit yang sudah berhasil di tingkat nasional. Dan Insya Allah pada ajang KSM yang akan dilaksanakan di Manado nanti, peserta asal NTB bakal meraih prestasi gemilang,’’ kata Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi NTB, H Zamroni Aziz kepada Lomboktoday.co.id, di Mataram, Senin (22/7).

Baru-baru ini, kata Zamroni, ada seorang siswa madrasah sudah mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama. Hal itu bakal membuka keran bagi peserta KSM, sehingga diyakini mereka sudah mempersiapkan diri dengan matang, dan pada akhirnya nanti peserta KSM asal Kontingen NTB akan mampu mengharumkan nama baik NTB di ajang tersebut.

‘’Adal satu siswa MTs Negeri 2 Lombok Tengah telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama, di mana siswa itu telah berhasil meraih 3 besar dalam lomba karate tingkat internasional yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Jadi, saya yakin itu akan menjadi filter untuk bertanding dalam lomba KSM nanti,’’ ujarnya.

Ia berharap kepada semua guru untuk lebih memberikan pembinaan dan pelatihan, sehingga nantinya apa yang diharapkan dalam ajang KSM di Manado nanti bisa terwujud. ‘’Intinya semua pihak harus ikut membantu bila ingin kontingen kita sukses membawa pulang piala/medali,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Lombok Tengah, H Jalalussayuthy mengatakan, ajang KSM ini adalah salah satu ajang yang cukup bergengsi di kalangan Kemenag se-Indonesia. Sebab, KSM ini dilaksanakan bukan hanya di tingkat kabupaten semata, namun dilaksanakan hingga ke tingkat nasional.

Mengingat ajang KSM ini digelar hingga ke tingkat nasional, maka ia berharap kepada seluruh tim juri untuk mengedepankan hasil dengan sportif dan objektif. Artinya ketika peserta tersebut adalah siswanya lantas lebih diperhatikan, sementara peserta lain yang memiliki skill lebih baik namun tidak diperhatikan.

Sehingga dalam memberikan penilaian harus disesuaikan dengan kemampuan peserta, bukan mengacu kepada siapa peserta tersebut. ‘’Juri harus benar-benar objektif dalam memberikan penilaian, jangan memandang peserta itu adalah siswanya, namun mari kita berpatokan kepada skill yang dimiliki oleh para peserta,’’ kata Jalalussayuthy pada saat pembukaan KSM Tingkat Kabupaten Lombok Tengah.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply