Dipastikan, KASAD Akan Tutup TMMD Lombok Timur

Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, ketua tim pengawas dn evaluasi TMMD mabes TNI AD saat memberikan sambutan di aula kantor Camat Keruak, Senin (29/7)

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Menjelang berakhirnya bhakti sosial TNI melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Kabupaten Lombok Timur, Senin (29/7), dilakukan pengawasan dan evaluasi langsung oleh tim pengawas dari Mabes TNI AD.

Ketua Tim Pengawas, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama didampingi Bupati Lombok Timur, HM Sukimaan Azmy, Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani dan Dandim 1615/Lombok Timur, Letkol Inf Agus Prihanto Donny mengunjungi lokasi TMMD ke-105 wilayah Kodim 1615/Lombok Timur.

Selain melihat secara langsung pelaksanaan TMMD, kunjungan dimaksudkan juga mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan TMMD selanjutnya.

Dalam arahanya, Ketua Tim Pelaksana Wasev TMMD ke-105 menegaskan TMMD merupakan Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama kementrian/LPNK, Pemda dan Masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah. TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan proses bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan terintegrasi. Kegiatan ini melibatkan unsur-unsur terkait dimulai dari desa, sampai tingkat Kabupaten.

Lebih lanjut dijelaskan Djaka Budhi, sasaran dipilih berdasarkan skala proritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, untuk selanjutnya dibahas di forum DPRD untuk dilaksanakan menjadi Program TMMD. Pada akhirnya hasil dari TMMD yang berjalan selama 30 hari ini akan diserahkan ke Pemerintah Daerah agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagai Ketua Tim Wasev TMMD, ia berharap semua pihak bergotong royong saling membantu untuk menyukseskan pelaksanaan TMMD ke-105. Dengan demikian hasil pelaksanaan TMMD dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang serta mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Jendral bintang satu itu juga menyebut rencana kegiatan TMMD ini nantinya akan ditutup langsung Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa pada tanggal 7 Juli mendatang dengan acara apel terbuka di lapangan Janjang Keruak.

Sementara sebelumnya, Dandim 1615 Lombok Timur Letkol Inf. Agus Prihanto Donny S.Sos dalam pemamaparanya terkait progres pelaksanaan fisik maupun non fisik pembangunan di tiga Desa sasaran TMMD yakni Desa Sepit, Desa Selebung Ketangga, dan Desa Senyiur sudah mencapai 90 persen, kecuali rehab Rumah Tidak layak Huni (RTLH) yang masih 75 persen. Selain rehab RTLH kegiatan TMMD ke-105 ini diantaranya rehab Musholla dan Pembuatan Poskamling.

Diharapkan dalam tujuh hari ke depan seluruh kegiatan sudah rampung 100 persen dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Demikian halnya dengan kegiatan non fisik berupa penyuluhan/sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter genersi muda serta kegiatan lainya untuk memberikan penguatan wawasan kebangsaan.

Usai acara pemaparan di aula kantor Camat Keruak, Brigjen Djaka Budhi Utama didampingi Danrem 162/WB dan Dandim 1615/Lotim, turun langsung memantau kegiatan para prajurit yang tengah bekerja merampungkan beberapa unit RTLH. Lokasi yang dikunjungi di antaranya, beberapa unit di desa Selebung, dan pembangunan mushalla di dusun Tambun desa Senyiur.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply