Paskibraka Jadi Model bagi Pelajar Lombok Timur

Suasana penyematan tanda peserta oleh Sekda Lombok Timur kepada dua orang perwakilan calon paskibaraka.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, H Rohman Farly membuka Pelatihan dan Pemanatapan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lombok Timur yang akan bertugas sebagai Pengibar dan Penurunan Bendera pusaka pada detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2019 mendatang.

Pembukaan pelatihan ditandai penyematan tanda peserta oleh Sekda Lombok Timur kepada  dua orang perwakilan calon paskibaraka. Acara yang berlangsung di Gedung Wisma Haji Selong, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (8/8) itu, dihadiri Forkopimda, kepala dinas dan badan lingkup Pemkab Lombok Timur, serta para pelatih.

Dalam arahan Bupati Lombok Timur yang diwakili Sekda, H Rohman Farly mengatakan, pelatihan dan pemantapan ini memiliki makna mendalam dan hikmah yang luar biasa. Pelaksanaan upacara bendera pada HUT RI ke-74 sangat tergantung pada keberhasilan Paskibraka dalam melaksanakan tugas.

Rohman menjelaskan, Paskibraka merupakan role model bagi seluruh siswa-siswi yang ada di Kabupaten Lombok Timur, karenanya penting untuk menunjukkan keteladanan, kedisiplinan, dan berbagai kualitas terbaik. Selain mengucapkan selamat kepada 32 Paskibraka yang terpilih, Rohman berpesan untuk mengikuti instruksi-instruksi dari pelatih sehingga kemampuan semakin meningkat.

‘’Teruslah tegak dalam sistem pelatihan dan tidak ada ketersimpangan. Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang mengedepankan kedisiplinan,’’ kata Rohman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur, Izzudin selaku penyelenggara kegiatan melaporkan, penjaringan atau seleksi dilaksanakan pada awal Februari 2019 di 83 SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Lombok Timur.

Dari 1.660 siswa-siswi lulus seleksi lanjutan ke tingkat kabupaten berjumlah 280 orang, dan pada seleksi tahap berikutnya terpilih 40 orang. 4 orang siswa-siswi mengikuti pelatihan Tingkat Provinsi NTB dan 32 orang berhak menjadi Paskibraka Kabupaten Lombok Timur Tahun 2019. Ke depan, mengingat jumlah sekolah di Kabupaten Lombok Timur yang cukup besar, pola minimal yang saat ini diterapkan, di tahun-tahun mendatang diharapkan dapat menerapkan pola maksimal dengan jumlah anggota Paskibraka sebanyak 50 orang.(Kml/Humas)

Kirim Komentar

Leave a Reply