Anggota Dewan Lotim Terpilih Semangat Ikuti Gladi Bersih

 

Suasana anggota Dewan Lotim terpilih periode 2019-2024 saat mengikuti gladi bersih, Selasa (20/8).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Momentum pelantikan adalah saat yang paling dinanti-nantikan oleh 50 anggota DPRD Kabupaten Lotim terpilih periode 2019-2024 setelah sempat tertunda beberapa bulan akibat ada sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi (MK).

Momen berkesan dan terindah bagi dewan terpilih kini telah di hadapan mereka. Rabu (21/8) besok, 50 orang dewan Lotim dengan didampingi pasangan hidup masing-masing akan mengenakan pakaian fulldres untuk mengikuti sumpah jabatan melalui sidang paripurna.

Untuk tidak terkecohnya formal pelantikan itu, pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Timur, Selasa (20/8) mengundang seluruhnya untuk mengikuti gladi bersih guna pemantapan formasi pelantikan Rabu besok. Prosesi gladi bersih dipimpin langsung oleh Sekretaris Dewan, Lalu Dami Ahyani.

Sekretaris Dewan Lotim, Lalu Dami Ahyani.

Dari pantauan Lomboktoday.co.id, di ruang sidang utama DPRD Lotim nampak seluruh anggota dewan mengikuti seluruh rangkaian dengan semangat. ‘’Hanya ada 2 orang anggota yang tidak hadir, itupun dari anggota wajah lama,’’ kata Sekwan Lotim, Lalu Dami Ahyani di sela-sela memantau jalannya prosesi gladi bersih.

Profil anggota Dewan Lotim Terpilih masih didominasi wajah lama. Menurut data yang diperoleh dari Kasubag Humas Sekretariat DPRD Lotim, M Irwan Agus, dari 50 jumlah anggota, sebanyak 28 orang dari wajah lama yang terpilih kembali. Sedangkan wajah baru sebanyak 22 orang. Komposisi perolehan kursi masing-masing partai politik (Parpol) yang mendapat kursi dewan, yakni PKS, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PAN, dan Partai Demokrat masing-masing 5 kursi.

Sedangkan Partai Nasdem, PDIP, dan PKB masing-masing 4 kursi. Partai Hanura dan PBB masing-masing 3 kursi. Sementara PKPI dan Partai Berkarya masing-masing 1 kursi.

Berdasarkan data yang ada, dewan terpilih ada 2 parpol yang fenomena keterpilihannya cukup fenomenal yakni antara Partai Golkar dan Nasdem. 5 kursi Patai Golkar semuanya diisi wajah lama yakni H Daeng Paelori, Yusran Aida, M Zakir, HL Hasan Rahman. Sedangkan Partai Nasdem 4 kursi diisi wajah baru yakni Nurhasanah, L Muh Ali, M Tohri Azhar, dan Rupni.

Kasubag Humas Sekretariat DPRD Lotim, M Irwan Agus.

Parpol lain diisi dengan wajah yang bervariasi antara wajah lama dan wajah baru dengan rincian; PKS 4 wajah lama dan 1 wajah baru; Partai Gerindra 3 wajah lama dan 2 wajah baru; PPP 3 wajah lama dan 2 wajah baru; PAN 1 wajah lama dan 4 wajah baru, Partai Demokrat 4 wajah lama dan 1 wajah baru; PDIP 2 wajah lama dan 2 wajah baru; PKB 3 wajah lama dan 1 wajah baru; Partai Hanura 1 wajah lama dan 2 wajah baru; PBB 1 wajah lama dan 2 wajah baru, PKPI 1 wajah lama, dan Partai Berkarya peserta baru 1 kursi.

Menurut Irwan Agus, dewan periode demisioner diakhir jabatannya mendapat uang representatif menurut lama duduk di dewan dengan kisaran bagi anggota dewan yang utuh duduk 5 tahun mendapat 6xgaji pokok (gaji pokok Rp1.575.000/bulan). Sedangkan yang kurang dari 5 tahun, gaji pokok x lama tahun. Misalkan kalau hanya 3 tahun berarti gaji pokok sebulan x 3 demikian seterusnya. Bagi yang kurang setahun tetap dihitung setahun hanya mendapat 1 x gaji pokok.

Sedangkan pimpinan juga dihitung menurut jumlah tahun memimpin dikalikan besar gaji pokok per bulan. Untuk ketua gaji pokok Rp2,1 juta, wakil ketua Rp1,8 juta.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply