Meski Tanpa Lencana, Pelantikan Dewan Lotim Berjalan Sukses

Suasana pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur periode 2019-2024.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pelantikan 50 Anggota DPRD Lombok Timur terpilih periode 2019-2024 hasil Pemilihan Umum Legislatif tahun 2019, tanpa ada lencana yang sematkankan pada saku jasnya.

Fenomena ini tidak lazim terjadi, karena setiap periode baru atau pergantian anggota seharusnya sebelum dilantik sudah dibagikan lencana yang terbuat dari emas.

Dikabarkan, lencana yang seharusnya paling lambat 2 atau 3 hari sebelum pengambilan sumpah, hingga hari H bai’at belum jadi dari rekanan pemenang tender pengadaan.

Meskipun bukan kelengkapan mutlak pelantikan, namun beberapa anggota dewan lama yang terpilih kembali seperti H Daeng Paelori, HL Hasan Rahman, Ubaidillah, juga ikut mempertanyakan kenapa lencana yang seharusnya menjadi aksesoris pada stelan fulldresnya itu tidak ada.

Bahkan, H Daeng Paelori yang juga wakil ketua sementara kepada Lomboktoday.co.id usai pelatikan mengaku sangat kecewa atas tidak adanya lencana itu.

Untuk itu, H Daeng Paelori yang juga ketua DPD Partai Golkar Lotim ini memita agar kasus ini diusut tuntas.

“Bila perlu pihak rekanan diberi sanksi denda karena ini adalah bentuk kelalaian,” katanya.

Sementara sebelumnya Sekretaris Dewan (Sekwan) Lotim, L Dami Ahyani yang baru menjabat sekitar 2 bulan itu mengaku tidak tahu menahu terkait pengadaan lencana itu. Karena katanya, pengadaan lencana itu diproses sebelum dirinya menjabat Sekwan. “Saya juga tidak tahu, bahkan saya ikut bertanya, kenapa lencana itu tidak ada, karena proses tender pengadaannya sebelum saya,” katanya.

Namun demikian, pelantikan 50 anggota dewan yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor: 171.2-626 tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur Masa Jabatan 2019-2024 berjalan dengan sukses, lancar dan khidmat.

Prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan berlangsung pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Lombok Timur, Rabu (21/8) di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Lombok Timur.

Ketua Pengadilan Negeri Selong, Wari Yuniati, SH.MH., sebagai pejabat yang memandu pengucapan sumpah dan janji Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy saat membacakan amanat Gubernur NTB.

Gubernur NTB dalam sambutan yang dibacakan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, mengamanatkan, anggota dewan diminta bersinergi dengan Pemerintah dan semua elemen, melalui semangat Patuh Karya yang menjadi motto Lombok Timur, untuk membangun Kabupaten Lombok Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat menuju daerah yang gemilang.

Gubernur juga mengingatkan agar menghilangkan seluruh perbedaan yang terjadi dalam masa-masa Pemilu lalu. Karena saat ini adalah waktunya untuk melihat berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Lombok Timur, baik potensi pariwisata, pertanian, peternakan dan lain sebagainya, yang membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas bersama untuk mengelaborasinya. Dengan demikian potensi-potensi tersebut bisa membawa manfaat besar bagi hajat hidup segenap lapisan masyarakat Lombok Timur, sekaligus mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Diyakini bahwa seluruh anggota dewan terpilih adalah orang-orang terbaik, yang memiliki itikad dan kesungguhan untuk berkhidmat membawa suara dan amanah rakyat, bekerja menyumbangkan seluruh kemampuan terbaik bagi kemaslahatan daerah ini.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih dan penghaargaan kepada para anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur sebelumnya, atas pengabdian dan jasa-jasa yang telah diberikan untuk Kabupaten Lombok Timur. Diharapkan semangat dan motivasi yang selama ini dicurahkan untuk kepentingan dan kemajuan Kabupaten Lombok Timur, senantiasa terjaga dan dapat dilanjutkan dalam bidang tugas selanjutnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur beserta seluruh jajarannya, penyelenggara Pemilu, jajaran TNI/Polri, elemen masyarakat dan insan pers serta semua pihak atas suksesnya pelaksanaan pemilu serentak 2019 yang berlangsung aman dan lancar di Nusa Tenggara Barat.

Bupati Lombok Timur juga mengingatkan masih banyak masyarakat, konstituen hingga di dusun yang ada di Lombok Timur dengan gizi buruk, stunting, putus sekolah, buta aksara, rumah tidak layak huni, miskin tanpa pekerjaan dengan berbagai problem.

“Mereka meletakan harapan di pundak kita, yang tulus memilih untuk mewakilinya. Untuk itu jangan sia-siakan harapan mereka, karena kelak kepercayaan itu akan dipertanggung- jawabkan,” katanya.

Berdasarkan hasil musyawarah antara 4 partai yang memperoleh kursi terbanyak yang sama disepakati pimpinan sementara DPRD Kabupaten Lombok Timur masa jabatan 2019-2024 yakni Murnan S.Pd dari Partai Keadilan Sejahtera, dan wakil Ketua sementara H. Deang Paelori dari Partai Golkar.

Setelah itu dilakukan serah terima Pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada Pimpinan Sementara DPRD masa jabatan 2019-2024.

Profil anggota dewan, masih didominasi wajah lama. Dari 50 anggota DPRD terpilih, 28 orang wajah lama terpilih kembali, dengan 22 orang wajah baru. Sementara itu berdasarkan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) di dewan PKB 4 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PDIP 4 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Partai Nasdem 4 kursi, Partai Berkarya 1 kursi, PKS 5 kursi, PPP 5 kursi, PAN 5 kursi Partai Hanura 3 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PBB 3 kursi dan PKPI 1 orang.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply