Rahman Rahim Day, Suhaili Terinspirasi dari Masrun

Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT.

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Peringatan 10 Muharam 1441 Hijriyah/2019 Masehi digelar spesial di Lombok Tengah. Kegiatan memuliakan anak yatim dan keluarga tidak mampu tersebut, telah dibranding menjadi Rahman Rahim Day dan dilakukan setiap tahun sejak H Moh. Suhaili FT menjadi Bupati Lombok Tengah.

Pada 10 Muharam tahun ini, Pemkab Lombok Tengah menyantuni sekitar 8.000 anak yatim. Kegiatan berlangsung di komplek Masjid Agung Praya, Lombok Tengah, Selasa siang (10/9).

Hanya saja, banyak kalangan yang belum mengetahui sejarah munculnya Rahman Rahim Day di Kabupaten Lombok Tengah sampai akhirnya menjadi agenda tahunan dan cukup populis seperti sekarang ini.

Berdasarkan penuturan sejumlah sumber terpercaya menyebutkan, Rahman Rahim Day berawal pada Muharam 2009 lalu. Saat itu, H Moh Suhaili FT masih menjabat Ketua DPRD Provinsi NTB dan diundang menghadiri pemberian santunan anak yatim di rumah H Masrun Hasan Basri di Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah. Saat itu, terdapat sekitar 150 anak yatim yang dikumpulkan tuan rumah.

“Pak Suhaili waktu itu hadir dan berjanji akan mengumpulkan anak yatim dua kali lipat dari jumlah yang hadir kalau hajat dan niatnya terwujud. Kebetulan saat itu beliau akan mencalonkan diri sebagai bupati Lombok Tengah,” kenang H Musti kepada wartawan di Jontlak, Selasa pagi (10/9).

Ratusan anak yatim yang hadir saat itu berdoa agar hajatan Suhaili sebagai pelayan masyarakat di Lombok Tengah terwujud. Dan benar, berdasarkan hasil Pilkada Loteng 2010, Suhaili-Normal ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Loteng.

“Atas dasar itu saya mengambil kesimpulan kalau Rahman Rahim Day yang digagas pak Suhaili terinspirasi dari kegiatan di rumah H Masrun saat itu,” ujarnya.

Santunan anak yatim pada 10 Muharam rutin dilakukan H Masrun sejak tahun 2000 lalu. Tepatnya ketika yang bersangkutan mulai menggeluti bisnis kayu Kalimantan. Hingga saat ini, kegiatan tersebut masih terus digelar setiap 10 Muharam.

Sepengetahuan H Musti, Bupati Lombok Tengah rutin menyantuni anak yatim pada 10 Muharam setiap tahun. Tidak hanya pada 10 Muharam, Suhaili juga kerap mengumpulkan anak yatim dalam setiap kegiatan pemerintah. Oleh masyarakat Lombok Tengah, Suhaili telah mendapat gelar Bapak Anak Yatim.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply