Dalam 3 Hari, Jajaran Polres Lotim Ringkus 2 Pelaku Kriminal

Tersangka pelaku (tengah) yang berhasil diringkus polisi.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dalam 3×24 jam melalui aksi cepat tepat, Timsus 3C Polres Lombok Timur berhasil menindak dan menangkap pelaku dari dua kasus kriminal yakni kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) yang terjadi di wilayah Kecamatan Montong Gading dan kasus dugaan penggelapan kendaraan roda 4 di Kecamatan Keruak.

Kasus pertama berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/15/IX/2019/NTB/Res Lotim/Sek.Montong Gading, Tanggal 12 September 2019 telah terjadi Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan. Timsus 3C Polres Lotim bersama anggota Polsek Montong Gading melakukan penyelidikan sehingga pada hari Selasa Tanggal 17 September 2019 sekitar pukul 19.15 Wira, Timsus 3C Polres Lotim dan Anggota Polsek Montong Gading, berhasil menangkap 1 orang pelaku pencurian yang terjadi di Dusun Taer-Aer, Desa Perian, Kecamatab Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Terduga pelaku yang diringkus DA, laki-laki, umur 21 tahun. warga Dusun Dasan Baru, Desa Waja Geseng, Kecamatan Kopang, Kabupaten Loteng. Dari keterangan yang dihimpun, DA berkerja sehari-hari sebagai pekerja bengkel kendaraan bermotor. Korban pencurian Suhasniwati perempuan, 37 tahun, warga Dusun Taer-Aer, Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lotim.

Kronologi kejadian, pelaku diperkirakan masuk ke dalam rumah korban melalui jendela belakang dan mengambil barang berharga milik korban berupa 2 unit HP dan 2 unit sepeda motor milik korban yang di parkir di garasi rumah korban, sepeda motor milik korban diduga dihidupkan oleh pelaku menggunakan kunci T. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian senilai Rp35.000.000.

Pelaku ditangkap di rumahnya di Dusun Dasan Baru, Desa Waja Geseng, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Saat penangkapan, tanpa ada perlawanan dari pelaku. Dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga hasil curian yakni 1 unit sepeda motor milik korban berikut 1 buah kunci palsu yang digunakan pelaku melakukan aksinya. Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di sel tahanan Polsek Montong Gading guna pengembangan penyidikan dan proses hokum lebih lanjut.

Kasus kedua yakni kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang terjadi Desa Dane Rase, Kecamatan Keruak. Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/54/IX/YAN.2.5/2019/NTB/Res.Lotim/Sek.Keruak, Tanggal 17 September 2019 telah terjadi tindak pidana Penipuan dan Penggelapan.

Kasus ini berawal dari laporan yang disampaikan Samsuddin, Kepala Desa Dane Rase, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Samsuddin melaporkan pelaku EH (28 tahun) warga Dusun Lengaluh, Desa Dane Rase, Kecamatan Keruak.

Kronologi kejadian, pada hari Kamis tanggal 12 September 2019 sekitar jam 07.30 wita Pelaku datang ke rumah korban untuk meminjam mobil milik korban dengan jenis Daihatsu Feroza DR 1172 XC dengan nosin 9357836 dan Noka 7856 Atas Nama di STNK Gumawan serta pelaku meminjam uang Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah) dengan alasan disuruh oleh ibu pelaku yang akan digunakan untuk menagih utang, akan tetapi sampai korban melaporkan kejadian tersebut ke polisi, pelaku belum mengembalikan mobil tersebut.

Berdasarkan laporan korban, Timsus 3C bersama anggota Polsek Keruak, bergerak mencari jejak terlapor. Pelacakan jejak pelaku oleh Tim dari kepolisian dalam hitungan jam, berhasil meringkus pelaku pada hari Selasa tanggal 17 September 2019 Sekitar pukul 18.30 Wita.

Pelaku kami tangkap di rumah mantan kepala Desa Sengkol di Dusun Sengkol ll, Desa Sengkol Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Saat diringkus, pelaku tidak melakukan perlawanan. Hasil interogasi terhadap pelaku, barang bukti mobil tersebut digadai di Marudin beralamat di Dusun Kalong, Desa Selebung, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah.

Selanjutnya barang bukti diamankan di Polsek Keruak. Sedangkan Pelaku diamankan di Polres Lombok Tengah oleh unit Sat Narkoba Loteng karena pelaku juga terkait dengan kasus narkoba. Anggota Polsek Keruak menangkap pelaku bekerja sama dengan Tim Buser Narkoba Polres Loteng,

Barang bukti yang diamankan polisi, 1 unit mobil Daihatsu Feroza DR 1172 XC, 1 paket sabu, 1 unit HP merk Samsung, dan 1 buah bong alat hisap sabu.(Kml)

Kirim Komentar

Leave a Reply