RSUD: Harapkan Bantuan Donor Darah dari Masyarakat Bisa Penuhi Kekurangan Stok Darah

Para peserta sosialisasi foto bersama Dirut RSUD Asy-Syifa’ dan Asisten I Setdakab Sumbawa Barat.

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dibutuhkan dukungan serta kerja sama dari seluruh stekholders dan masyarakat untuk membantu program donor darah agar kesediaan darah di RSUD Asy-Syifa bisa terpenuhi.

Melihat kebutuhan darah yang masih jauh dari harapan, pihak Rumah Sakit membuat beberapa kegiatan.

Seperti sosialisasi program perubahan dan pelayanan RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat berlangsung di gedung Setdakab Sumbawa Barat, Kamis (19/9).

Acara ini berkaitan dengan pengadaan stok darah yang masih kurang, sementara di sisi lain kebutuhannya sangat tinggi. Acara kali ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari PMI, ASN Pemda, Satpol PP serta awak media.

Sementara itu, Direktur RSUD Asy-Syifa’, dr Carlof dalam sambutannya mengatakan, kebutuhan darah yang dibutuhkan di RSUD sangatlah tinggi. Namun stok darah masih kekurangan. Karena itu, diharapkan pemda dapat membantu mengadakan kegiatan donor darah agar pasokan darah tetap setabil, sehingga tidak ada lagi pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah hingga kehabisan dan mengakibatkan fatal terhadap pasien.

Carlof menjelaskan, program besar yang akan dilakukan RSUD yakni akan melakukan pendataan golongan darah terhadap masyarakat usia produktif di seluruh wilayah Sumbawa Barat, serta memberikan pemahaman bahwa membantu mendonor darah adalah pekerjaan mulia untuk menolong sesama serta menambah kesehatan bagi pendonor. Hal ini akan dilakukan untuk membuat terobosan dalam memenuhi kebutuhan kantong darah.

Dalam kesempatan yang sama,
Asisten I Setdakab Sumbawa Barat, Hirawansyah mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah disarankan untuk melibatkan PDPGR di seluruh wilayah Sumbawa Barat agar mau mendonorkan darahnya dalam membantu memenuhi jumlah yang diinginkan.

Ke depan bisa di maping per wilayah untuk pelaksanaannya. Yang jelas Pemda siap mendukung program rumah sakit.
Dengan dukungan yang akan diberikan pemerintah daerah baik sarana dan prasarana diharapkan persoalan ini bisa mencapai apa yang akan ditargetkan serta jumlah kebutuhan darah bisa terkafer.(Ng)

Kirim Komentar

Leave a Reply