World Cleanup Day 2019: Salut, Wisatawan Asing Ikut Peduli Bersihkan Sampah

Para wisatawan mancanegara asal Brazil foto bersama Kepala Biro Lomboktoday.co.id Kabupaten Sumbawa Barat, Fajar Ngudi P (dua dari kiri) di depan tumpukan sampah.

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kepedulian kebersihan lingkungan di Hari Kebersihan Sedunia ini ditunjukkan tidak hanya oleh masyarakat di lingkar tambang semata, tapi wisatawan mancanegara pun ikut peduli memungut sampah.

Mila (25) asal Negara Brazil bersama teman-temannya ikut mengumpulkan sampah dan membawanya ke pengumpulan sampah di Balong Rungan, Desa Sekongkang Bawah, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Mila mengakui, ia sangat senang sekali melihat antusias masyarakat yang secara bersama-sama membersihkan sampah, dan berharap di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat ini bisa bersih dari sampah. Karena divwilayah ini adalah tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Mila juga mengakui bahwa pantai-pantai wisata di Bumi Pariri Lema Bariri ini sangat indah. Karena itu, ia berharap pantai yang indah itu jangan sampai tercemar dengan kotoran sampah.

Dalam peringatan Hari Kebersihan Sedunia kali ini, puluhan sampah terkumpul di acara World Cleanup Day 2919 yang digelar oleh Kecamatan Sekongkang bersama PT AMNT, di Gedung Balong Rungan, Kecamatan Sekongkang, Sabtu (21/9).

“Luar biasa antusias seluruh warga masyarakat Sekongkang untuk mengumpulkan sampah. Dari 351 kilogram sampah yang berhasil dikumpulkan, kebanyakan sampah plastik yang susah diurai oleh tanah. Kemudian sampah-sampah itu diangkut dengan truk untuk di buang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS),” kata Mila dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang masih terbata-bata.

Momen ini juga melibatkan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA serta para guru, perangkat desa, ASN Pemerintah Kecamatan Sekongkang dan tokoh masyarakat, termasuk juga para karyawan PT AMNT.

Sementara itu, Bambang Supriyadi, Staf Environ (Departemen Lingkungan Hidup) PT AMNT saat ditemui wartawan mengatakan, pihaknya menyambut baik program Pemerintah Propensi NTB bahwa di tahun 2023 dengan NTB bebas sampah. Sehingga pihak perusahaan akan selalu membantu untuk melakukan pembinaan ke seluruh lapisan masyarakat di samping juga ke seluruh sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Sekongkang menjelaskan, perilaku-perilaku sehat yang sadar akan kebersihan harus dimulai dari dini, dari pendidikan SD untuk menjadikan perilaku disiplin buang sampah pada tempatnya.(Ng)

Kirim Komentar

Leave a Reply