Gubernur Ajak Alumni UTS Ikut Kembangkan SDM di NTB

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menghadiri acara Sidang Terbuka Senat dan Wisuda Program Strata Satu (S1) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) tahun 2019, di Sumbawa, Sabtu (28/9).

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menyampaikan, mahasiswa yang telah lulus diharapkan ikut berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi NTB, utamanya dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM).

‘’Human Development Index di NTB ini masuk dalam kategori rendah. Hal itu bukan karena standar hidup masyarakat yang rendah, namun karena mayoritas anak-anak kita lulusan SMA kuliah di luar daerah seperti Jakarta, Jogja, Malang, Surabaya dan lainnya,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengubah taraf pembangunannya dengan membuat lembaga pendidikan tinggi di Indonesia timur, utamanya di NTB ini.

Tentunya lembaga pendidikan ini harus aktraktif dan inovatif agar seluruh masyarakat Indonesia tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi di NTB.

Gubernur Zul menuturkan, sebagai kampus baru, UTS harus memiliki ciri khas tersendiri. ‘’Lembaga baru, kampus baru, tidak boleh menjadi kampus yang biasa, harus menjadi kampus yang istimewa. Itu sebabnya ada jurusan bioteknologi dan lain sebagainya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Rektor UTS, Andi Tirta mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur NTB yang juga sebagai inisiator pembangunan UTS dalam acara wisuda ini. Ia mengatakan, UTS adalah salah satu universitas di Indonesia yang berkembang sangat pesat.

‘’Terima kasih kepada bapak Gubernur NTB sekaligus pendiri yang telah berkesempatan hadir di UTS ini. Perlu kami laporkan bahwa, pada hari ini UTS mewisuda 324 wisudawan dari berbagai jurusan. Hari ini para alumni UTS telah tersebar di berbagai belahan dunia dengan bekerja di sektor pertambangan, pertanian, perbankan, wirausahawan dan lainnya,’’ katanya.

Ia menambahkan, selain berkiprah di dunia kerja, alumni UTS juga banyak tersebar di berbagai universitas di Asia dan Eropa, baik itu di Malaysia, Taiwan, Polandia dan sebagainya.

‘’Dengan melihat lulusan-lulusan UTS yang sukses di dunia kerja, bukan tidak mungkin para wisudawan yang hari ini duduk di tempat ini, sudah banyak perusahaan yang menunggu di dalam maupun di luar negeri,’’ ujarnya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply