Gubernur dan Wagub Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi NTB ke-28 di Lobar

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat memukul beduq sebagai tanda pembukaan MTQ ke-28 Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019.

LOBAR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019 digelar di Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Pembukaan MTQ tersebut berlangsung di halaman kantor Bupati Lobar, Kamis malam (3/10). Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah langsung hadir dalam acara pembukaan MTQ tersebut.

Agenda pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduq oleh Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah ditemani Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah; Penjabat Sekda, H Iswandi beserta sejumlah kepala daerah. Penampilan tarian rudat, tarian selubung ilahi, paduan suara lagu-lagu islami, serta diakhir acara disuguhkan penampilan dari penyanyi religi Haddad Alwi menambah kemeriahan pembukaan MTQ tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan, kitab suci Alqur’an adalah salah satu mu’jizat yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW yang kekal hingga akhir zaman. Pembukaan MTQ ini kata Gubernur Zul, Insya Allah akan membawa keberkahan untuk Lombok Barat dan Provinsi NTB pada umumnya. ‘’Di bumi Lombok Barat ini, akan banyak ayat-ayat Alqur’an dilantunkan, akan banyak nama-nama Allah didengungkan, Insya Allah MTQ ini membawa keberkahan untuk NTB Gemilang,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Gubernur Zul mengucapkan terima kasih dan penghargaan karena mampu tampil sebagai tuan Rumah MTQ yang baik.

Lebih lanjut, Gubernur Zul mengucapkan selamat bermusabaqah kepada seluruh peserta MTQ. ‘’Para pemenang nanti akan mewakili NTB pada MTQ tingkat nasional di Kota Padang, Sumatera Barat tahun 2020 mendatang,’’ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah mempercayai Kabupaten Lobar sebagai tuan rumah pada MTQ ke-28 Tingkat Provinsi NTB Tahun 2019. ‘’Insya Allah amanah ini akan terus menyulut kobaran semangat di hati kami, bukan hanya untuk menjamu tamu dengan sebaik-baiknya, namun mengobarkan semangat kami di Pemerintah Kabupaten Lobar untuk terus membangun dengan melandaskannya pada Alqur’an dan agama Allah,’’ katanya.

Bupati Lobar melaporkan bahwa MTQ ke-28 Tingkat Provinsi NTB ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang terbagi dalam 280 peserta putra, 280 peserta putri, dan 310 official. Para peserta akan bermusabaqah dalam 8 cabang utama, yaitu tilawah, qiro’at sab’ah, hifdzul qur’an, tafsir Alqur’an dengan tiga bahasa, fahmil qur’an, syarhul qur’an, khat, dan musabaqah makalah ilmiah.

Selanjutnya, seluruh agenda musabaqah diselenggarakan di berbagai majelis musabaqah yang difokuskan di tiga kecamatan di Lombok Barat, yaitu; Gerung, Kediri dan Gunungsari. ‘’Alhamdulillah, sebelum pembukaan ini, kami telah melaksanakan pawai taa’ruf yang diikuti oleh semua kafilah dan Alhamdulillah berjalan lancar,’’ ujarnya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply