Di Acara Inspiratif Expo, Wagub NTB Kembali Ajak Masyarakat Sukseskan Zero Waste

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (tengah) saat menghadiri Inspiratif Expo.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah menghadiri acara Inspiratif Expo dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia yang digelar di Car Free Day Jalan Udayana Mataram, Ahad (6/10).

Acara ini mengangkat tema antisipasi perubahan iklim dalam mendukung program Zero Waste menuju masyarakat NTB sehat. Agenda ini diselenggarakan untuk mengkampanyekan masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan dimulai dengan memilah sampah dari diri sendiri.

Dalam kesempatan itu, Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah menekankan, untuk mewujudkan lingkungan yang bebas sampah tidak bisa dilakukan apabila Pemprov NTB bekerja sendiri. Namun seluruh masyarakat juga diharapkan mampu untuk ikut serta dengan dimulai dari memilah sampah dari rumah masing-masing.

Dengan memilah sampah antara sampah organik dan non organik dari rumah, menurut Wagub Rohmi, hal itu akan sangat membantu pekerjaan bank sampah. Di mana, sampah yang terkumpul akan dikelola menjadi sumber daya yang memiliki nilai ekonomi.

‘’Apabila kita pandai dalam memanfaatkam sampah, mulai dari memilah, mendaur ulang, ataupun mengolahnya, itu menjadi suatu yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Tidak hanya untuk membantu bumi dalam mengatasi sampah, tapi juga dapat menghasilkan barang yang bernilai ekonomis,’’ kata Wagub Rohmi.

Selain itu, Wagub Rohmi juga mengatakan dari komunikasi yang dilakukan dengan Pemkot Mataram, di mana pada tahun 2020 mendatang, Pemkot Mataram akan menetapkan regulasi untuk mendukung program Zero Waste ini. Salah satu ketentuannya yaitu apabila masyarakat tidak memilah sampah sendiri, maka bank sampah ataupun TPA tidak akan menerimanya.

‘’Karena itulah, 2 hingga 3 bulan ke depan ini kita maksimalkan kepada seluruh masyarakat Kota Mataram untuk mengkampanyekan pemilahan sampah dari diri sendiri,’’ ujarnya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply