Asisten I Launching NTB Gemilang Public Relation Ambassadors Challenge 2019

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih (tengah) dan Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy (empat dari kanan) foto bersama disela-sela acara launching kegiatan NTB Gemilang Public Relation Ambassadors Challenge 2019.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih melaunching kegiatan NTB Gemilang Public Relation Ambassadors Challenge 2019 yang sekaligus dirangkaikan dengan peluncuran logo dan buku panduan PRCC (Public Relation Command Center). Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB itu, berlangsung di Taman Budaya Mataram, Senin (7/10).

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh seluruh jajaran dan staf Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB serta mahasiswa/mahasiswi dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di NTB.

Dalam sambutannya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih menjelaskan makna dari visi NTB Gemilang dan keenam misinya. Ia mengatakan, untuk mewujudkan NTB Gemilang dibutuhkan dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah.

‘’Untuk mencapai visi NTB Gemilang dengan 6 misi tersebut, tidak hanya bisa dilaksanakan oleh aparat Provinsi NTB saja, tetapi juga membutuhkan sinergi dari seluruh lapisan masyarakat termasuk di dalamnya adalah adik-adik mahasiswa/mahasiswi,’’ kata Eva.

Dalam kesempatan itu, Eva juga menyinggung terkait penyebaran informasi dan perkembangan media sosial pada zaman sekarang yang begitu cepat. Ke depannya, Public Relation (PR) diharapkan dapat memiliki kreativitas dan kemampuan komunikasi yang baik serta dapat menjadi good influencer untuk orang lain.

‘’Inilah salah satu kecanggihan yang harus tetap kita ikuti, tidak memusuhi dan menjauhi tetapi kita harus dekat dengan yang namanya IT. Dalam konteks inilah penting strategisnya keberadaan PR Ambassadors ini menemukan relevansinya sebagai penyampai informasi terkait program-program pembangunan daerah,’’ ujarnya.

Ia berpesan kepada PR Ambassadors yang nantinya terpilih dapat berkontribusi dalam pencapaian target dari program-program NTB Gemilang. ‘’Oleh karena itu, saya berharap kepada PR Ambassadors yang terpilih nantinya dapat menjadi inspirator dan motor penggerak yang dapat menjadikan dan menularkan semangat pada masyarakat untuk ikut menyukseskan NTB Gemilang sebagai tujuan kita bersama menjadi NTB yang lebih baik,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy dalam sambutannya menjelaskan pentingnya diselenggarakan PR Ambassadors Challenge 2019. Menurutnya, perkembangan teknologi, informasi dan sosial media sudah semakin pesat. Anak-anak zaman sekarang mampu mendapatkan informasi begitu cepat cukup dari Handphone (HP)-nya saja.

‘’Jadi, begitu gencarnya sekarang, apa yang kami harus lakukan di Biro Humas dan Protokol Setda Pemerintah Provinsi NTB ini, maka semenjak tanggal 7 Februari 2019 lalu kami melaunching apa yang kami sebutkan dengan PRCC,’’ kata Najamuddin Amy.

Najam menjelaskan, Public Relation Command Center (PRCC) merupakan sebuah branding baru dan pendekatan baru yang mengintegrasikan dua fungsi utama, yaitu fungsi kehumasan dan juga fungsi protokol. Kedua fungsi tersebut kemudian dikombinasikan sehingga terbentuklah PRCC. ‘’Hari ini kami punya enam aplikasi dan dari enam aplikasi itu, empat sudah memiliki hak atas kekayaan intelektual. Apa itu enam? GSMH, DPS, MAPS, SENDOK PLATE, RAPI dan OLDS,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Najam juga memperkenalkan logo dan buku panduan PRCC. Di hadapan mahasiswa, ia menjelaskan makna dari logo tersebut. Logo dan buku panduan PRCC juga telah dipromosikan pada seminar internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Hamzanwadi dan diikuti oleh lima negara. ‘’Yang jurusan Ilmu Komunikasi dan IT sekarang bisa belajar ke Humas setiap hari, kalau di kampus belajar konsep, maka di Biro Humas dan Protokol kalian belajar konsep dan praktiknya,’’ katanya.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply