12 Desa di Janapria Adakan Pelatihan SDM

Tim Ahli PSD Kabupaten Lombok Tengah, H Sadariah sedang memberikan pemaparan pada saat acara pelatihan SDM dan pengelolaan pengetahuan inovasi desa bagi peserta dari 12 desa yang ada di Kecamatan Janapria.

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tim pelaksanaan inovasi desa dari 12 desa di Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), bergabung dalam pelatihan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan pengetahuan inovasi desa (PPID) di wisata religius Jabbal Rohmah, Desa Jango, Kecamatan Janapria, Kamis (10/10).

Ketua Tim Panitia Pelaksana, Ilham berharap kegiatan tersebut mampu menjadi fasilitator dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di desa masing-masing. Kemudian desa bisa memahami dan menyadari tentang tata cara kehidupan yang sehat, yang dijalankan sesuai program pemerintah, termasuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Para peserta pelatihan terlihat begitu antusias mengikuti acara pelatihan SDM dan pengelolaan pengetahuan inovasi desa.

Sementara itu, Tim Ahli Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kabupaten Lombok Tengah, H Sadariah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah desa dan berbagai perangkatnya. ‘’Dalam komunitas masyarakat harus mampu memberikan kontribusi kehidupan dengan inovasi-inovasi. Sehingga dalam kehidupan ini mampu menjawab persoalan di wilayah masing-masing,’’ katanya.

Adapun beberapa pointer PSD dan pengelolaan pengetahuan inovasi desa (PPID) yang disimpulkan, di antaranya;  pertama, peran PAUD dalam perencanaan dan pencegahan stunting (ini leading sectornya Dinas Pendidikan). Kedua, implementasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah dalam penanganan dan pencegahan stunting. Ketiga, konsep penguatan rumah desa sehat. Dan keempat, peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk penanganan stunting. Pelatihan yang dilaksanakan hanya sehari itu, diikuti 25 orang peserta dari 12 desa yang ada di Kecamatan Janapria.(Mhd)

Kirim Komentar

Leave a Reply