Ini Event Untuk Tingkatkan Keterampilan Digital pada Pemerintahan di NTB

Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy (lima dari kanan) dan sejumlah pejabat Pemprov NTB toto bersama disela-sela acara event Facebook Laju Digital.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Facebook Indonesia melaksanakan literasi digital melalui event Facebook Laju Digital, yang berlangsung di Hotel Golden Palace Mataram, Kamis (10/10). Event ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital kepada pemerintahan di NTB, pelaku UMKM, hingga beberapa komunitas yang menggunakan Facebook sebagai salah satu media untuk menyebarkan informasi.

Event ini dikampanyekan oleh Facebook di 17 provinsi di Indonesia. Provinsi NTB memiliki kesempatan menjadi provinsi ke 16 yang dikunjungi oleh Tim Facebook Indonesia. Kampanye Laju Digital diisi dengan seminar dan pelatihan terkait media sosial.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy dalam kesempatan itu menjelaskan Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki dampak luar biasa bagi pemerintah.

Ia mengatakan, tidak banyak pemimpin di Indonesia atau kepala daerah yang aktif menggunakan media sosial agar lebih dekat dengan masyarakat. Padahal, media sosial bisa menjadi media untuk mendengar langsung aspirasi masyarakatnya.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menjadi salah satu kepala daerah yang menggunakan media sosial sebagai sarana berinteraksi dengan masyarakat NTB. ‘’Kami telah membuktikan dari media sosial, Gubernur NTB sampai saat ini kita mendapatkan banyak masukan dan kritik yang di dalamnya memberikan arah dan saran. Kita mendengar dan melihat aspirasi masyarakat dari dekat,’’ kata Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy.

Dalam kesempatan tersebut, Najamuddin juga menjelaskan terkait enam misi dari NTB Gemilang. Salah satunya yaitu NTB Aman dan Berkah. NTB Aman dan Berkah sangat dibutuhkan bagi masyarakat NTB khususnya dalam bermedia sosial. ‘’Jika kita ingin aman, maka amankan mulai dari jari-jari kita, pikiran kita dan niat kita. Sehingga kita menjadi orang yang menyebarkan hal-hal yang positif bagi lingkungan dan semesta,’’ ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kebijakan Publik Facebook di Indonesia, Ruben Hattari menjelaskan, Facebook memberikan pelatihan kepada pemerintah, komunitas, LSM dan organisasi tentang bagaimana menggunakan sosial media untuk menyampaikan pesan-pesan positif. ‘’Sejak tahun 2016, Facebook telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 30.000 siswa, orang tua dan guru untuk melatih kemampuan berpikir secara kritis dalam menggunakan media sosial,’’ katanya.

Suksesnya kegiatan ini, kata Ruben, merupakan buah dari dukungan berbagai pihak. Dan ia berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat NTB untuk sukses meraih era digital.(dra)

Kirim Komentar

Leave a Reply