Musim Kering Melanda, Warga Buncalang Sukarara Berebut Air Sumur

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kemarau panjang membuat masyarakat Lombok Tengah mengalami kesulitan memperoleh air bersih. Di Dusun Buncalang, Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, hampir setiap tahun mengalami kekeringan. Akibat kekeringan tersebut, sering terjadi pertengkaran warga yang satu dengan warga kampung sekitarnya saat berebut mendapatkan air bersih di sumur.

Salah seorang warga sedang mengambil air sumur.

Sudah masuk 2 bulan terakhir ini, masyarakat di Dusun Buncalang, Desa Sukarara ini tidak mendapatkan aliran air melalui aliran PDAM, sehingga terpaksa mengambil air di sumur.

‘’Dua bulan ini, air PDAM tidak ada. Jadi, terpaksa kita mengambil air di sumur tetangga,’’ kata salah seorang warga Dusun Buncalang, Eceng saat ditemui Lomboktoday.co.id, di kediamannya, Sabtu (12/10).

Eceng mengatakan, mengingat kondisi air sumur warga mengalami kekeringan, sehingga warga harus terpaksa menuggu berjam-jam lamanya agar sumur terisi dan warga harus berebutan air. Artinya, siapa yang lebih awal datang, itu yang harus lebih dahulu mendapatkan air. Itupun mereka terkadang harus cekcok atau adu mulut. ‘’Kita harus bangun subuh-subuh agar kita tidak didahului,’’ ujarnya.

Lebih parah lagi, tambah Okke, salah seorang warga dari dusun lainnya,  terkadang warga yang memiliki sumur sengaja menyembunyikan timba air sumur sehingga warga tidak bisa mengambil air di sumur tersebut.(Mhd)

Kirim Komentar

Leave a Reply