Polres KSB Siap Amankan Pilkades Serentak 2019

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa.

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa mengatakan, Polres Sumbawa Barat siap mendukung dan mengamankan semua proses tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019 ini yang aman, damai dan sejuk.

‘’Pilkades serentak di 18 desa pada tahun 2019 ini telah berjalan dengan aman. Begitu pula dengan pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, Alhamdulillah juga telah berjalan dengan aman dan kondusif,’’ kata Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya, Senin (14/10).

Dan tahun 2019 ini, para calon kepala desa (Kades) tersebut sudah ditetapkan. Jika dalam penjaringan kepala desa masih ada yang melakukan aksi protes, diharapkan melakukan protes yang baik melalui mekanisme yang sudah ditentukan. Dan tidak perlu memakai kekerasan fisik yang justru akan merugikan diri sendiri maupun banyak orang. ‘’Intinya, kami dari Polres Sumbawa Barat siap untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 ini,’’ ujarnya.

Siapapun nantinya yang akan terpilih, kata Kapolres, harus diterima. Karena dalam pelaksanaan Pilkades ini, harus siap menang bagi yang menerima kemenangan dan siap kalah bagi yang menerima kekalahan. ‘’Tujuan kita dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini adalah berjalan dengan aman dan kondusif. Kita harapkan pula kepada para tokoh dan simpatisan untuk menjaga keamanan desa dalam melaksanakan Pilkades ini, jika ada permasalahan agar menempuh jalur sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia,’’ katanya.

Setelah proses tahapan pelaksaan Pilkades ini, pihaknya akan dihadapkan lagi dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Melihat adanya kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan beberapa kepala desa (Kades), lanjut Kapolres, Polres KSB telah menanganinya dengan serius. Ke depan, diharapkan dengan besarnya Anggaran Dana Desa (ADD), para kepala desa jangan sampai terlena dan melakukan penyelewengan sehingga akan menjadi masalah.

Kapolres juga mengimbau kepada calon kades, apabila terpilih nanti agar menyosialisasikan ADD sehingga masyarakat mengetahui kegiatan anggaran yang dilakukan di desanya. Selain itu, juga jangan sampai ada pelanggaran terkait ADD, dan hindari perbuatan yang melanggar hukum.

Begitu pula kepada masyarakat di KSB, diharapkan dalam pelaksaan Pilkades serentak ini agar digelar lebih semarak, serta saling menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing. ‘’Apabila ada temuan-temuan terkait tindak pidana seperti money politik (politik uang) dan pelanggaran lainnya, kami dari Polres Sumbawa Barat siap menerima laporannya,’’ ujarnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply