Kapolres Ciptakan KSB Zero Konflik di Pilkades Serentak

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa bersama jajarannya saat melakukan kegiatan silaturahmi di rumah salah satu calon kepala desa (Kades).

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Silaturahmi Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mushofa, S.IK kepada para calon kepala desa (Kades) di Kecamatan Sekongkang, Selasa (15/10), dilaksanakan untuk menciptakan zero konflik di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kegiatan silaturahmi itu digelar di rumah Yasin dan Ratnawati, dua calon kades di Desa Aik Kangkung, yang ikut ajang pesta demokrasi pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 ini.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa mengatakan, ia berharap pada pelaksanaan Pilkades di Desa Aik Kangkung nanti, akan aman dan lancar. Siapa pun yang nantinya akan terpilih, harus tetap menjaga hubungan baik, saling menghormati dan menghargai.

Apabila ada permasalahan, ada yang tidak puas dengan hasil Pilkades tersebut, dipersilakan untuk menanyakan langsung ke Camat, Danramil, Kapolsek maupun Babinsa.

Mustofa menjelaskan, ada atau tidak adanya Pilkades, jalinan tali silaturahmi itu harus tetap dijaga dan dipelihara. Jangan sampai terjadi kasus seperti di desa lain, misalnya di Desa Brang Rea, Taliwang, mereka sampai ada yang tidak saling tegur sapa dan menimbulkan permusuhan dengan adanya Pilkades ini.

‘’Di sini tidak boleh terjadi. Ayo kita buat Kabupaten Sumbawa Barat ini menjadi kabupaten yang zero konflik. Tidak boleh seperti di kabupaten-kabupaten lain, sebagi contoh di Kabupaten Bima, Sumbawa dan lainnya. Jadi, mari kita pertahankan dan menjaga kondusifitas keamanan dan ketentraman di daerah kita ini,’’ kata Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa melalui PS PAUR SUBBAG Humas, BRIPKA Mayadi Iskandar.

Terkait pelanggaran yang kemungkinan akan terjadi pada Pilkades serentak nanti, Kapolres memberikan arahan agar selalu berkordinasi dengan Camat, Danramil, Kapolsek, dan Babinkamtibmas dan Bhabinsa. Tapi, menurut Kapolres, alangkah baiknya setiap permasalahan itu harus diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

‘’Apabila memang ada tindak pidana silakan dilaporkan, dan kami siap membantu. PPKD jangan ragu-ragu dalam bekerja, karena sudah ada aturan yang melindungi penyelenggaraan Pilkades.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply