Wagub NTB: Mencintai Lingkungan Artinya Mempersiapkan Untuk Warisan Generasi Masa Depan

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah didampingi Asisten I dan III beserta Kadis LHK dan diikuti oleh seluruh peserta melakukan penanaman pohon mangrove.

 

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah didampingi Asisten I dan III beserta Kadis LHK dan diikuti oleh seluruh peserta melakukan penanaman pohon mangrove.

Oleh: Lalu Mandra Setiawan |

LOBAR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj Sitti Rohmi Djalilah menghadiri penanaman 1 juta mangrove dalam rangka menjaga lingkungan, mitigasi bencana dan menumbuhkan pariwisata baru di daerah bakau di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Ahad (27/10).

Wagub Rohmi sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisasi oleh We Save NTB dan IKA PMI (Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Islam) Dompu tersebut karena berkaitan dengan lingkungan dan kelestarian alam.

Menurut Wagub Rohmi, jika anak-anak muda terus berkontribusi seperti ini, maka semakin mudah mewujudkan NTB Gemilang. ‘’Acaranya sederhana tapi esensinya luar biasa. Inilah anak-anak muda yang memiliki ide-ide yang luar biasa, dan semangat juang luar biasa. Jika penyalurannya benar, pemerintah akan mewadahi dan memfasilitasi semangat mereka untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa. Maka, Insya Allah apa yang dicita-citakan bersama akan segera kita wujudkan,’’ kata Wagub Rohmi.

Wagub Rohmi mengatakan, mencintai lingkungan artinya mempersiapkan warisan kepada generasi di masa depan. Warisan yang paling berharga adalah dengan menjaga lingkungan.

Menurut Wagub Rohmi, kurangnya perhatian terhadap lingkungan dapat berdampak pada rusaknya infrakstruktur karena keseimbangan alam tidak dijaga. ‘’Maka dari itu, saya sebagai Wagub beserta jajaran kami di Pemprov NTB bertekad untuk mengedepankan lingkungan menjadi suatu keharusan dan kebutuhan,’’ ujarnya.

Menanam mangrove merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kelestarian alam. Fungsi mangrove bukan hanya untuk menghindari erosi dan abrasi, namun juga penting bagi kelangsungan hidup habitat satwa bawah laut. ‘’Saya sangat berharap ini bukan hanya pencanangan saja, tetapi bagaimana cara agar kita mampu mewujudkan satu juta itu. Kita pula harus bertekad agar terealisasikan. Pemerintah akan men-support ide-ide seperti ini dan kita wujudkan bersama,’’ katanya.

Bersamaan dengan itu, Kepala Desa Cendi Manik, Marne menjelaskan, hutan mangrove merupakan salah satu objek unggulan di Desa Cendi Manik. Sejak tahun 2015 lalu telah bekerja sama dengan mahasiswa dan pelajar secara bersama-sama melakukan penanaman mangrove. ‘’Harapannya ke depan pemerintah memberikan dukungan baik secara moril maupun materil demi kemajuan dari wilayah desa kami maupun NTB,’’ katanya.

Wagub yang didampingi oleh Asisten I dan III beserta Kadis LHK dan diikuti oleh seluruh peserta melakukan penanaman pohon mangrove. Kemudian Wagub mengunjungi tenda cek kesehatan gratis yang diberikan untuk masyarakat Desa Cendi Manik.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here