Polri, Pemda dan KNPI Deklarasi Perangi Narkoba di Hari Sumpah Pemuda

Ribuan pelajar SMP dan SMA se-Kecamatan Brang Rea saat menghadiri acara deklarasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba sekaligus deklarasi anti narkoba terhadap pelajar.

Oleh: Fajar Ngudi P. |  

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang jatuh pada 28 Oktober 2019, ribuan pelajar SMP dan SMA se-Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendatagi Gedung Serbaguna H Syafii Desa Tepas Sepakat, Senin (28/10), untuk menghadiri acara deklarasi dan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba sekaligus deklarasi anti narkoba terhadap pelajar.

Menyingkapi bahaya peredaran narkoba yang sudah mengancam generasi bangsa terutama di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), deklarasi dan sosialisasi ini sangat penting bagi pelajar. Karena pelajar adalah generasi bangsa yang harus dijaga dari dampak negative terhadap pengaruh narkoba. Jangan racuni otak generasi bangsa dengan narkotika. Stop Narkoba !.

Acara deklarasi dan sosialisasi penyalahgunaan narkoba dan deklarasi anti narkoba terhadap pelajar di Kecamatan Brang Rea, KSB diselenggarakan oleh Polres Sumbawa Barat melalui Polsek Brang Rea, Pemerintahan Kecamatan Brang Rea, KNPI KSB, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua II DPRD KSB, Merliza Jawas, serta Kondi Pranata, Anggota DPRD KAB dari PKB.

‘’Pelajar harus tahu tentang narkoba dan bahayanya terhadap kehidupan kita. Dan perlu ya mengerti tentang jenis-jenis narkoba, yang intinya narkoba tidak poleh dikonsumsi dan hanya diperbolehkan dalam kepentingan medis,’’ kata Kapolsek Brang Rea, IPTU Bambang Indrat Sugianto.

Kapolsek juga menjelaskan tentang penyalahgunaan narkoba yang melanggar hukum dengan ancaman hukumannya paling singkat 4 tahun dan sampai hukuman seumur hidup serta hukuman mati. Jadi, untuk menekan peredaran narkoba tersebut, harus melibatkan semua pihak, terutama dari keluarga dan lingkungan.

Wakil Ketua II DPRD KSB, Merliza Jawas mengatakan, pemuda di negeri ini haruslah bersih dari narkoba. Menghindari narkoba adalah langkah yang baik, menjaga pergaulan dan menempatkan diri dengan benar dapat mengantisipasi jatuhnya pengaruh narkoba. Dan pihak kepolisian akan bertindak tegas terhadap pengguna dan pengedar barang haram, narkotika dan sejenisnya.

IPTU Ruslan H Thayeb, Kasatbinmas Polres KSB di sela-sela acara mengatakan, kiranya para pemuda dan pelajar   se-Kecamatan Brang Rea jangan pernah mencoba-coba untuk menggunakan narkoba. Karena dampaknya akan merusak badan dan saraf otak yang tentunya akan merusak masa depan, khususnya pemuda dan negara pada umumnya. Acara ini mempunyai arti sendiri bagi Pemerintahan Kecamatan Brang Rea bahwa sebenarnya untuk menunjukkan keseriusan dalam upaya memerangi peredaran narkoba.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kecamatan Brang Rea, Yuliono menjelaskan kepada wartawan perihal rangkaian acara ini. ‘’Kami bersama kepolisian menggelar acara ini untuk membuktikan bahwa di daerah kami, di Kecamatan Brang Rea bukan basis narkoba seperti yang selama ini dibicarakan banyak orang. Ke depan ada langkah-langkah yang akan kami lakukan terkait dengan perang terhadap peredaran narkoba,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply