NTB Care Selama Oktober, 47 Pengaduan Didominasi Masalah Kelangkaan Air Bersih

I Gde Putu Aryadi.

Oleh: Lalu Mandra Setiawan |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – NTB Care menjadi salah satu alternatif masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan pengaduan terkait permasalahan yang dialami dan dilihatnya. Total pengaduan dan permintaan informasi masyarakat dari 1 Oktober hingga hari ini, Rabu (30/10) yakni jumlah pengaduan masyarakat di 10 kabupaten/kota sebanyak 47 pengaduan. Dari 47 pengaduan itu, yang mendominasi adalah kekeringan yang menyebabkan kelangkaan air bersih.

I Gde Putu Aryadi.

‘’Persoalan yang mendominasi adalah persoalan kelangkaan air bersih disebabkan karena musim kemarau panjang,’’ kata Plt Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gde Putu Aryadi, di kantornya, Rabu (30/10).

Selain itu, kata Aryadi, ada banyak hal lain yang diadukan oleh masyarakat melalui aplikasi pelayanan NTB Care. Di antaranya; soal layanan publik tentang e-KTP, layanan kesehatan di rumah sakit dan bandara, pembangunan rehab rekon, pendidikan serta kemacetan yang ada di Kota Mataram termasuk adalah matinya trafik light di Rempung, Kabupaten Lombok Timur.

Di samping itu, ada inovasi dan kreativitas warga Sekotong, Kabupaten Lombok Barat yang membuat paving block dengan bahan dasar dari sampah plastik untuk mendukung program Pemerintah Provinsi NTB soal zero waste. ‘’Ini warga Sekotong minta dukungan ke Dinas LHK NTB untuk kelancaran usahanya. Warga tersebut bernama Abdul Aziz,’’ ujarnya.

Yang terakhir katanya adalah pengaduan warga Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang mengeluhkan tentang masalah penampung bak air yang tidak berfungsi yang dibangun pada tahun 2016 silam. Sementara pemerintah sudah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp500 juta. ‘’Baknya tidak berfungsi dan terbengkalai sudah beberapa tahun lalu,’’ ucapnya.

Untuk diketahui, NTB Care adalah aplikasi yang dibuat oleh pemerintah untuk menampung dan menerima serta merespon cepat semua keluh dan aspirasi masyarakat NTB di bawah kendali Dinas Kominfotik NTB.

Bahkan, NTB Care ini sudah dilakukan MoU dengan 10 kabupaten/kota untuk merespon cepat apabila ada pengaduan masyarakat di daerahnya masing-masing yang sudah terintegrasi serta semua SKPD dan daerah.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here