Kejari KSB Intens Lakukan Pendampingan Proyek APBN

melalui Kasi Intelijen Kejari KSB, I Nengah Ardika.

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa Barat (Kejari KSB) siap menerima pengaduan masyarakat terkait kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) ataupun kasus sosial lainnya di masyarakat. Kejari juga intens melakukan pendampingan terkait proyek-proyek nasional yang bersumber dari dana APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Nasional) yang ada di wilayah KSB. Arinya, jika ada penyimpangan dan penyelewengan, dipersilakan untuk dilaporkan saja.

Seperti mega proyek bendungan Bintang Bano yang menyedot anggaran hingga puluhan miliar rupiah. Di mana, Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kejati NTB) melakukan pertemuan yang diwakili oleh ketua dan wakil ketua TP4D KSB dalam kegiatan pekerjaan pembangunan irigasi sekunder yang terintegrasi dengan pembangunan bendungan Bintang Bano, Kamis lalu (31/10).

Kepala Kejari KSB, Sahrul melalui Kasi Intelijen Kejari KSB, I Nengah Ardika melakukan pendampingan bahwa pembangunan saluran irigasi terhambat terakit dengan pembebasan lahan yang diperuntukkan saluran irigasi belum dilakukan pembebasan.

Menurut Ardika, ada dua kategori bidang tanah yang dipergunakan untuk kegiatan pembangunan irigasi. Pertama, bidang tanah milik masyarakat, kedua bidang tanah yang masih dalam kawasan hutan produksi.

Proses pengerjaan pembangunan Irigasi Bintang Bano, kata Ardika, sudah terlambat 8 bulan dikarenakan pembebasan lahan yang belum selesai dilakukan dan sedikit ada masalah penolakan dari masyarakat. ‘’Kami patut sampaikan apresiasi kepada warga KSB, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang telah mendukung pelaksanaan pekerjaan irigasi Bintang Bano tepat waktu, tepat mutu, serta tepat sasaran (3T). Sehingga petani di KSB segera bisa memanfaatkan jaringan irigasi untuk pertanian dan perikanan,’’ katanya.

TP4D didampingi Camat Brang Ene, Kepala Desa Bakat Monteh, PPK, pelaksana serta warga yang terdampak dalam kegiatan pekerjaan pembangunan irigasi mengharapkan agar pelaksanaan pembangunan ini segera selesai dengan baik.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply