Sun Princess Angkut 2.031 Bule Nyandar di Pelabuhan di Gili Mas Sekotong

Kapal pesiar Sun Princess saat nyandar di Pelabuhan Gili Mas Sekotong, Lombok Barat.

Oleh: Lalu Mandra Setiawan |

LOBAR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hari pertama beroperasinya Pelabuhan Gili Mas Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, langsung disinggahi kapal raksasa ‘’Sun Princess’’, pada Selasa (5/11). Kapal pesiar berukuran 261 meter itu sejatinya berkapasitas 5.000 orang. Namun, untuk kunjungan kali ini kapal pesiar tersebut hanya mengangkut sebanyak 2.031 orang bule (wisatawan mancanegara).

Kapal pesiar yang berlayar dari Fremantle, Australia ini menjadi kapal pesiar pertama yang sandar di Pelabuhan Gili Mas, selanjutnya akan meneruskan pelayaran menuju Port Kelang, Malaysia.

Kedatangan kapal pesiar Sun Princess yang dinahkodai Kapten William Kent ke salah satu pelabuhan di bawah manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) ini, sebagai upaya menjadikan Pelabuhan Gili Mas terminal multifungsi untuk layanan penumpang kapal pesiar dan kapal peti kemas.

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah menyambut langsung kedatangan para tamu asal mancanegara itu. Acara penyambutan kapal pesiar Sun Princess di Pelabuhan Gili Mas, digelar pukul 07.00 Wita.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Lombok Tengah, HM Suhalli FT; Bupati Lombok Barat, H Fauzad Khalid; Wakil Bupati Lombok Barat, Hj Sumiatun; Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III, Putut Sri Muljanto; CEO PT Pelindo III Regional Bali, Banyuwangi, Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra; Direktur Utama PT Pelindo III, Doso Agung; Asisten Deputi Kementerian Koordinator Menko Maritim, Eng H Rahman Hidayat; Kementerian Koordinator Menjo Maritim, Velly Asvallantina; Kadis Pariwisata NTB, HL Moh Faozal; Kadis Perhubungan NTB, Lalu Bayu; Kepala KSOP Lembar, M Junaidin; perwakilan KSOP setempat, dan stakeholders terkait lainnya.

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (tengah) foto bersama saat menyambut langsung kedatangan para tamu mancanegara itu.

Wagub Rohmi menyatakan, beroperasinya Pelabuhan Gili Mas merupakan suatu progres yang sangat baik. Wagub Rohmi optimis target 4,5 juta wisatawan akan tercapai di tahun 2020 mendatang. Karenanya, ia mengajak seluruh jajarannya dan masyarakat mendukung pariwisata untuk terus meningkatkan pelayanan. ‘’ Mari kita melayani tamu-tamu kita dengan sebaik-baiknya,’’ katanya.

Sementara itu, GM PT Pelindo III Lembar, Erry Ardiyanto saat dihubungi via WA berharap antusias dan dukungan masyarakat NTB pada umumnya dan Lombok pada khususnya untuk pelayanan terhadap para wisatawan. Sehingga para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah ini, dapat betah dan membuktikan bahwa Lombok telah bangkit dari keterpurukan pascagempa bumi yang terjadi tahun lalu untuk siap menyambut para wisatawan mancanegara ini.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply