Kodim 1628/Sumbawa Melaksanakan Penutupan Apel Gelar Binter Terpadu di Sekongkang

Dandim 1628/SB, Letkol Czi Edy Oswaronto; Kapolsek Sekongkang, IPDA Ardiyatmaja; Wakil Ketua DPRD KSB, Abidin Nasar; Camat dan warga Sekongkang saat foto bersama di sela-sela penutupan acara Binter terpadu di Kantor Camat Sekongkang.

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kinerja Kodim 1628/Sumbawa Barat (SB) patut diapresiasi. Pasalnya, institusi baju loreng di bawah kendali Dandim Letkol Czi Edy Oswaronto itu berhasil menyelesaikan pemasangan sebanyak 1.137 septic tank individu kepada masyarakat di seluruh kecamatan di wilayah KSB selama 21 hari.

Kegiatan pemasangan septic tank tersebut juga dalam rangka mendukung program STBM Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Selain itu, Kodim 1628/SB bekerja sama dengan Sinar Optik ARCI Sumbawa untuk kegiatan bhakti sosial memberikan pelayanan pemeriksaan mata dan membagikan kaca mata secara gratis kepada 350 orang bagi purnawirawan, guru ngaji dan masyarakat lansia (lanjut usia) di KSB.

Wakil Ketua DPRD KSB, Abidin Nasar memberikan apresiasi kepada Kodim 1628/SB yang telah melakukan program kemasyarakatan, baik fisik maupun kegiatan sosialnya. ‘’Saya pribadi sekaligus mewakili masyarakat KSB menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota TNI (Kodim 1628/SB) yang tak kenal lelah bekerja memasang ribuan septic tank di seluruh wilayah KSB. Saya melihat sendiri betapa beratnya pekerjaan itu, tapi dengan peran aktif anggota Kodim sehingga pekerjaan tersebut bias diselesaikan,’’ kata Abidin Nasar.

Kegiatan pembinaan teritorial (Binter) terpadu berakhir di Kecamatan Sekongkang, yang ditandai dengan melaksanakan penutupan apel gelar Binter Terpadu oleh Dandim 1628/SB, Letkol Czi Edy Oswaronto, di Kantor Camat Sekongkang, KSB, Ahad (17/11).

Acara penutupan apel gelar Binter terpadu tersebut dihadiri oleh Kapolsek Sekongkang, IPDA Ardiyatmaja dan jajarannya; Wakil Ketua DPRD KSB, Abidin Nasar; Pemerintah Kecamatan Sekongkang, Danramil se-KSB, tim PDPGR serta mastarakat Sekongkang.

Dandim 1628/SB, Letkol Czi Edy Oswaronto dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan Binter terpadu dan kini sudah berakhir di Kecamatan Sekongkang. ‘’Saya ucapkan terima kasih kepada Polri dan masyarakat yang bersama-sama dengan kami melaksanakan kegiatan ini,’’ katanya.

Manunggalnya TNI dengan rakyat ditunjukkan salah satunya  melalui kegiatan Binter terpadu seperti saat ini. Anggota TNI tak kenal lelah berjibaku melaksanakan program ini hingga tuntas.

Dandim menyampaikan, bahwa kegiatan ini juga memberikan pendidikan ke gotong-royongan kepada masyarakat Indonesia  yang mulai terkikis. Kepekaan kebersamaan, kepedulian bersama  serta saling memiliki antar sesama harus dimunculkan di tengah-tengah kehidupan masyarakat, agar budaya ketimuran tidak punah di telan zaman.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang penuh dengan budaya,  budaya masyarakatnya yang selalu dijunjung tinggi, dilestarikan serta diwariskan kepada anak cucu agar generasi penerus berbudi luhur dalam kepribadiannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Sekongkang, IPDA Ardiyatmaja menyampaikan, Polri akan selalu bersinergi dengan TNI dalam melakukan kegiatan kemasyarakatan. ‘’Kami akan selalu di garis depan untuk kepentingan rakyat,’’ kata Kapolsek Sekongkang,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply