Wagub NTB: Pentingnya Informasi dan Teknologi dalam Mempromosikan Pariwisata

Foto bersama di sela-sela kegiatan pelatihan digital marketing dalam penguatan pengelolaan desa wisata, di Kantor Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Loteng, Selasa (26/11).
Foto bersama di sela-sela kegiatan pelatihan digital marketing dalam penguatan pengelolaan desa wisata, di Kantor Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Loteng, Selasa (26/11).

Oleh: Lalu Mandra Setiawan |

LOTENG, LOMBKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah memberikan arahan pada kegiatan pelatihan digital marketing dalam penguatan pengelolaan desa wisata, di Kantor Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (26/11).

Turut hadir mendampingi Wagub NTB, di antaranya Asisten I dan Asisten III Setda Provinsi NTB serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Kegiatan ini diikuti pula oleh tim maskapai AirAsia Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengatakan pentingnya informasi dan teknologi dalam mempromosikan pariwisata. Ia meminta para peserta agar memanfaatkan pelatihan digital marketing ini sebaik-baiknya. ‘’Kalau adik-adik semua, bapak, ibu dari Desa Bonjeruk menguasai informasi dan teknologi, maka akan sangat gampang memanfaatkannya untuk kemajuan desa wisata ini,’’ kata Wagub Rohmi.

Wagub Rohmi mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menggali potensi dan membangun desa. Ia juga berpesan agar masyarakat untuk tidak meninggalkan kearifan lokal dan budaya di desanya.

Menurutnya, kearifan lokal justru dapat menjadi daya tarik dan kelebihan tersendiri bagi desa tersebut. ‘’Kalau destinasinya sudah dikemas dengan baik, seluruh masyarakatnya kompak bersama-sama membangun Desa Bonjeruk ini, apa kelebihan kita, kita cari, kita tonjolkan, kearifan lokalnya juga dijaga,’’ ujarnya.

Wagub Rohmi berharap agar masyarakat, khususnya anak-anak muda Desa Bonjeruk agar mampu menguasai teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. ‘’Tidak ada artinya kita bagus, tetapi kalau marketingnya tidak bisa memanfaatkan informasi dan teknologi,’’ ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga menyampaikan berbagai perkembangan pariwisata, terutama dari sisi transportasi dan akses ke daerah wisata. Ia mengapresiasi seluruh elemen yang telah bahu membahu dalam membangun pariwisata di NTB. ‘’Kita patut bersyukur atas apa yang telah kita capai selama ini bersama-sama,’’ kata Vera.

Mewakili tim AirAsia Indonesia, Vera mengungkapkan rasa senangnya berkesempatan untuk bergabung dengan komunitas Lombok. Kesempatan tersebut diharapkan dapat menjadi ajang untuk berkontribusi dalam hal akses, konektifitas dan juga perekonomian. ‘’Pada hari ini juga saya berkesempatan untuk meninjau, melihat dan juga mencari elemen-elemen pendukung berikutnya untuk pembinaan Desa Bonjeruk, dan ini merupakan inisiatif pertama AirAsia di Indonesia,’’ ujarnya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here