NTB Pamerkan Sejumlah Produk Unggulan UMKM di Jakarta

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati bersama sejumlah kepala OPD perempuan saat unjuk kebolehan dengan menyajikan pementasan gambelan khas Sasak.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB bersama Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), Bank Indonesia (BI), dan Bank NTB Syariah serta UMKM Mitra Binaan lainnya akan menggelar pameran dagang di Kementerian Perindustrian RI di Jakarta. Kegiatan yang bertajuk pertunjukan Gemilang NTB ‘’Nuansa Tanpa Batas’’ itu, akan dilaksanakan pada 2-6 Desembar 2019.

Sejumlah produk unggulan UMKM NTB ditampilkan pada pameran di 12 stand yang disediakan Pemerintah Daerah tersebut. Di antaranya; Mutiara Lombok, Perhiasan dari Kulit Kerang, Batik Sasambo, Tenun Bima, Tenun Sumbawa, Tenun Lombok. Selain itu, ada juga berbagai macam olahan makanan, seperti Ayam Taliwang, Pelalah Ayam Pagutan, Jamu, madu Sumbawa, Kopi Rumput Laut, serta produk Tortila yang berasal dari desa wisata Bilebante, Kabupaten Lombok Tengah.

Pameran tersebut dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan dihadiri pula oleh sejumlah duta besar negara-negara sahabat serta para menteri, pengusaha dan tamu undangan lainnya.

Pada opening ceremony, Grup Srikandi NTB Gemilang yang dipimpin langsung Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Ketua Dekranasda NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati bersama sejumlah kepala OPD perempuan, juga akan unjuk kebolehan dengan akan menyajikan sebuah kejutan berupa pementasan gambelan khas Sasak.

Di sela-sela gladi di Gedung Garuda Kementrian Perindustrian RI, di Jakarta, Ahad (1/12), Wagub Rohmi menjelaskan tujuan pameran dagang adalah memperkenalkan dan memasarkan lebih luas produk dari UMKM–UMKM binaan dari NTB.

Dari pameran ini, Wagub Rohmi berharap akan terbuka jaringan pemasaran dan peluang kerja sama dari pihak lain. ‘’Untuk melakukan kerja sama dengan UMKM binaan berkelanjutan setelah pameran, serta mengetahui sejauh mana produk kita dilirik khususnya di luar daerah,’’ kata Wagub Rohmi.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pengurus Provinsi IPEMI NTB, Ajeng Rosalinda Motimori menyampaikan bahwa kegiatan pameran produk bertajuk ‘’Nuansa Tanpa Batas’’ itu, baginya tidak hanya sekadar kegiatan pameran yang mengutamakan segi transaksi jual beli semata. Namun, pameran ini juga diselenggarakan dengan maksud memberikan apresiasi kepada produk unggulan khas NTB.

Setidaknya dengan adanya pameran ini, dapat memacu dan mengasah kreativitas, khususnya para pelaku UMKM di NTB untuk selalu melakukan inovasi terhadap produknya. ‘’Saat ini, IPEMI sendiri telah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas produk dan penjualannya. Ke depan pembekalan lain melalui pemanfaatan teknologi informasi (digital marketing), sehingga para UMKM dapat bersaing meningkatkan mutunya secara global,’’ kata Ajeng.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply