Gubernur Ajak Warga NTB Bangun Kebersamaan

Suasana upacara bendera HUT NTB ke-61 di halaman Kantor Bupati Lotim.
Suasana upacara bendera HUT NTB ke-61 di halaman Kantor Bupati Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat (HUT NTB) ke-61, 17 Desember 2019, di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diperingati dengan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lotim. Upacara diikuti berbagai unsur seperti karyawan/karyawati lingkup Pemkab Lotim, TNI, Polri, pemuda, pelajar dan Pramuka, dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, H Rohman Farly selaku Inspektur Upacara.

Dalam sambutan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang dibacakan Inspektur Upacara, H Rohman Farly disampaikan prestasi yang telah diraih NTB, termasuk prestasi warga NTB, juga capaian berbagai kabupaten/kota di NTB sepanjang 2019.

Kaitannya dengan itu, Gubernur mengajak masyarakat NTB membangun kebersamaan. Sebab, semua prestasi dan kemajuan yang dicapai saat ini bukan karya satu atau dua orang, melainkan buah kerja kolektif dari seluruh warga NTB dan seluruh pemimpin NTB terdahulu.

Peringatan HUT NTB, menurut Gubernur, juga merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan tantangan ke depan yang akan dihadapi. Salah satunya adalah kerusakan lingkungan yang telah terjadi. Karenanya, Gubernur mengingatkan warga NTB untuk menjadikan pemulihan lingkungan sebagai prioritas. Kaitan dengan hal ini, Pemerintah Provinsi NTB telah mencanangkan Gerakan NTB Hijau di Dusun Kayu Madu, Desa Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, 12 Desember 2019 lalu. Diharapkan gerakan ini menjadi awal baru upaya-upaya sebelumnya yang telah dilakukan untuk memulihkan lingkungan. Pemprov NTB berjanji akan terus mendorong program-program unggulan seperti tata ruang berkelanjutan; NTB zero waste; bank sampah; penataan geopark; taman asri; dan hutan produktif.

Tantangan lain disebutkan Gubernur adalah menyatukan kekuatan-kekuatan yang terserak. Hal ini terkait suksesi kepemimpinan di sejumlah kabupaten/kota tahun 2020 mendatang. Pada akhirnya Gubernur mengingatkan bahwa ikhtiar yang dilakukan jauh lebih komplek dari yang telah digambarkan. ‘’Ikhtiar dan mimpi-mimpi kita sebagian mungkin akan menuai hasil menggembirakan. Sebagian lainnya mungkin akan menemui kegagalan. Tapi hasil akhir bukanlah ranah manusia. Tugas kita adalah menyatukan kekuatan,’’ katanya.

Penyerahan hadiah kepada pemenang sejumlah lomba tingkat Kabupaten Lotim.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula hadiah kepada pemenang sejumlah lomba tingkat Kabupaten Lotim. Di antaranya; lomba Penilaian Pelayanan Publik pada 10 UPT pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil lingkup Pemkab Lotim. Di mana, juara I diraih Kecamatan Selong Unit 5, juara II Kecamatan Terara Unit 8, dan juara III Kecamatan Aikmel Unit 3. Selain itu, ada pula lomba Kecamatan lingkup Kabupaten Lotim dengan juara I Kecamatan Aikmel, Juara II Kecamatan Sambalia, dan Juara III diraih Kecamatan Wanasaba.

Lomba lainnya adalah lomba sekolah, instansi, dan kelurahan/lingkungan bersih dan sehat. Dalam lomba ini juara dikelompokkan perkategori, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD). Untuk tingkat SD, juara I diraih SDN 3 Teros, tingkat SLTP juara I adalah SMPN 1 Sukamulia, tingkat SLTA juara I diraih SMAN 3 Masbagik. Sementara untuk tingkat instansi, RSUD dr R Soedjono Selong menjadi yang terbaik, dan Dusun Gubuk Bangket, Desa Dasan Lekong menjadi juara I untuk tingkat kelurahan/lingkungan.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here