Bupati Sukiman Lantik 193 ASN Baru Lingkup Pemkab Lotim

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat memerikan arahan pada acara pengambilan sumpah/janji terhadap 193 CPNS lingkup Pemkab Lotim.
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat memerikan arahan pada acara pengambilan sumpah/janji terhadap 193 CPNS lingkup Pemkab Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengambil sumpah/melantik sebanyak 193 calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim).

Para CPNS yang berasal dari K-2, Bidan PTT, formasi umum 2018, dan IPDN Angkatan XXV diambil sumpah janjinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Aparatur Sipil Negara (ASN) baru lingkup Pemkab Lotim, di Ball Room Kantor Bupati Lotim, pada Rabu (18/12).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy selain menyampaikan ucapan selamat, juga mengingatkan sejumlah hal. Di antaranya; tidak semua orang diberikan kepercayaan mengemban tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bupati Sukiman menyebut, untuk tahun 2019 ini dari 400 formasi yang tersedia, sudah 10 ribu orang yang mendaftar. Ini dapat diartikan semakin ketatnya persaingan. Bupati juga menyampaikan, sebanyak 193 PNS yang diambil sumpahnya ini dinyatakan telah lulus, baik dari aspek administrasi maupun dari aspek kesehatan.

Selain itu, Bupati Sukiman juga mengingatkan adanya hak dan kewajiban sebagai PNS, seperti penghasilan. Penghasilan tersebut harus disyukuri dan dikelola secara baik.

Hak lainnya yang disebut Bupati Sukiman adalah cuti dan jenjang karir. Kaitannya dengan karir, Bupati Sukiman mengingatkan untuk bekerja keras dan cerdas, termasuk mampu menentukan skala prioritas, serta ikhlas. Kerja sama yang baik juga menjadi penentu. ‘’Kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa bekerja sendiri. Karenanya harus bisa bekerja sama,’’ kata Bupati Sukiman. Bupati mengingatkan hak dan kewajiban ini harus beriringan. ‘’Jika ada empat hak, maka ada delapan kewajiban. Artinya, itu lipat dua,’’ ujarnya.

Tapi, Bupati Sukiman lebih menekankan pada tanggung jawab terhadap apa yang telah diberikan. ‘’Mari melaksankan tugas dan tanggung jawab,’’ ucapnya.

Menjaga integritas juga menjadi hal yang ditekankan untuk menjadi ASN yang baik. Selain itu, setia kepada negara dan loyal kepada atasan. ‘’Prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela,’’ katanya.

PNS yang diambil sumpah/janjinya dalam acara ini sebagian besar merupakan tenaga kesehatan (91 orang) dan tenaga guru (76 orang) sedangkan sisanya sebanyak 26 orang merupakan tenaga teknis administrasi. Sementara berdasarkan golongan dapat dilihat PNS Golongan III sebanyak 141 orang, Golongan II sebanyak 52 orang. Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten, kepala OPD lingkup Pemkab Lotim dan rohaniawan.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here