Kemenag Lotim Lantik Kepala KUA Ala Pembayun

Beberapa Kepala KUA yang dilantik memakai pakaian Pembayun.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Fenomena yang unik dan dipastikan pertama kali terjadi. Ini terjadi di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur (Kemenag Lotim). Apa itu…?, yakni prosesi pelantikan beberapa Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) beberapa Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur.

Sebagai instansi pemerintah yang mengelola soal-soal keagamaan ini, jika menggelar prosesi pelantikan jabatan tertentu, bagi yang dilantik pasti menggunakan pakaian khas Islami atau pakaian nuansa nasional.

Tapi kali ini, prosesi pelantikan beberapa pejabat pengemban keagamaan tingkat kecamatan itu dilantik dengan tradisi pakaian pengemban adat atau yang disebut “Pembayun”.

Mereka yang dilantik mengenakan pakaian adat Sasak yakni menggunakan kain sarung “dodot, bebet” dan berkemeja putih. Hanya penutup kepala yang tidak mengenakan sapuk, melainkan menggunakan peci hitam.

Acara yang digelar hari Kamis (16/1) mengambil tempat di Musholla, komplek Kantor Kemenag Lotim. Pembacaan ikrar sumpah dalam pelantikan itu dipimpin langsung oleh Kepala Kemenag Lotim, H Azharuddin.

Kepada Lomboktoday.co.id, Kepala Kemenag Lotim, H Azharuddin menyebut, jumlah yang dilantik terdiri dari 5 KUA, 4 mutasi dan 1 promosi kepala seksi.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply