3 Tahun Buron, Timsus 3C Polres Lotim Berhasil Bekuk Pelaku Curas

Pelaku Curas inisial Si alias Aq Su (39 tahun) yang berhasil dibekuk Timsus 3C Satreskrim Polres Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Setelah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron, akhirnya Timsus 3C Satreskrim Polres Lotim berhasil menangkap inisial Si alias Aq Su (39 tahun), warga Dusun Sukamandi, Desa Lenek, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Si adalah salah seorang dari pelaku kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) yang terjadi tanggal 15 Desember 2017 silam di Dusun Tirpas, Desa Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur.

Menurut releas yang disampaikan Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP Md Yogy Purusa Utama kepada redaksi Lomboktoday.co.id, Selasa (28/1) menyebutkan, inisial Si diketahui identitasnya dari 2 orang rekannya yang sudah lebih dahulu tertangkap yaitu masing-masing inisial Za dan Ma. Si alias Aq Su berhasil dibekuk Selasa dini hari (28/1), sekitar pukul 01.30 Wita, oleh Timsus 3C Satreskrim Polres Lotim.

Modus dan kronologis kejadian, menurut pihak kepolisiqn, para pelaku melakukan aksinya pada malam hari dengan jumlah 4 orang. Di mana, peran dari pelaku Si alias Aq Su pada saat kejadian menjadi eksekutor yakni mendobrak pintu rumah korban dan masuk ke dalam rumah korban. Selanjutnya pelaku Si menodong korban sambil menanyakan di mana korban menaruh barang berharga, kemudian 3 orang rekan pelaku menggeledah rumah korban dan berhasil mengambil barang berharga korban berupa: 2 unit HP, uang tunai Rp1.500.000, beberapa slop rokok. Selesai melakukan aksinya tersebut, korban berteriak minta tolong kepada warga, sehingga satu orang rekan pelaku yakni Za berhasil diamankan warga. Dengan kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp5.000.000.

Kronologis penangkapan, pelaku Si ditangkap di rumah mertuanya. ‘’Pelaku kami tangkap di rumah mertuanya di Dusun Kertasari, Desa Kalijaga, Kecamatan Aikmel. Dan pada saat dilakukan penangkapan, pelaku berusaha melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak lurus sehingga satu butir timah panas anggota menembus betis kiri pelaku,’’ kata Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP Md Yogy Purusa Utama.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti (BB) berupa 2 unit HP milik korban yang diamankan dari pelaku Za. Berikut sebilah parang milik pelaku Za juga sudah dimankan sebelumnya.

Menurut cacatan kepolisian, pelaku merupakan residivis kasus Curas di wilayah Lombok Timur. 1 orang rekan pelaku masih dalam pencarian dan identitasnya sudah dikantongi. Saat ini pelaku diamankan di Mapolres Lotim guna proses hukum lebih lanjut.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply