PBB Mulai Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Loteng

Suasana konferensi pers di Sekretariat DPC PBB Kabupaten Loteng terkait dimulainya pembukaan pendaftaran bacabup dan bacawabup Loteng.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menempati kantor barunya di Jalan Raya Umum Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Loteng. Di kantor barunya ini pun, pengurus DPC PBB Kabupaten Loteng juga sekaligus mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Lombok Tengah (Loteng), pada hari ini, Rabu (29/1) hingga Jumat (14/2) mendatang.

‘’Kita akan buka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati untuk menyongsong penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. Pendaftaran untuk internal partai dan figure luar partai dilaksanakan terhitung tanggal 29 Januari 2020 hingga menjelang pendaftaran bacabup dan bacawabup Loteng pada 14 Februari 2020 mendatang,’’ kata Ketua DPC PBB Kabupaten Loteng, Lege Warman, di Sekretariat DPC PBB Kabupaten Loteng, Rabu (29/1).

Bagi figur yang berminat harus menyiapkan berkas persyaratan dan visi misinya. Berkas persyaratannya itu diserahkan kepada pengurus DPC PBB Loteng.

PBB sebagai parpol terbuka, kata Lege, memberikan peluang kepada tokoh masyarakat, politisi, profesional dan lainnya. Semua pihak bisa mendaftarkan diri sebagai bacabup dan bacawabup Loteng. Namun demikian, yang diprioritaskan itu tentunya dari internal partai dan fungsionaris partai. Meski tidak menutup kemungkinan juga kepada tokoh masyarakat yang peduli dengan PBB. ‘’Pendaftaran akan diumumkan di media cetak dan spanduk papan pengumuman. Kriteria bisa dibaca di pengumuman itu nanti,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada PBB Loteng, Fahrurozi menyatakan, setiap bacabup dan bacawabup yang telah mendaftar harus menjalani tahapan yang dibuat oleh partai. Saat ini, PBB memiliki empat kursi di DPRD Loteng. Syarat yang mesti disiapkan bacabup dan bacawabup itu antara lain fotokopi KTP yang sudah dilegalisir, ijazah yang sudah dilegalisir, melampirkan surat SKCK dari kepolisian, surat keterangan sehat dari dokter dan bersedia mengikuti aturan partai.

Sedangkan mekanisme penjaringan, tambah Fahrurozi, PBB akan membentuk tim khusus yang menilai. Hasil penilaian itu diserahkan kepada DPW di Mataram dan DPP PBB di Jakarta. Selain administratif, akan dilakukan uji kemampuan pemaparan visi misi sebagai calon bupati dan calon wakil bupati. Visi misi itu akan dilaksanakan di kantor PBB yang nantinya juga akan dihadiri oleh pengurus dari DPW PBB NTB. ‘’Keputusannya diumumkan setelah rapat pleno khusus, kemudian akan diserahkan ke DPW dan DPP,’’ katanya.

Calon yang disahkan oleh DPC, kata Fahrurozi, minimal nanti sebanyak 2 atau 3 pasang calon. Nama itu direkomendasikan kepada DPW dan dilakukan seleksi di tingkat provinsi. Sehingga ada 2 atau 3 pasang yang bakal diajukan ke DPP PBB. ‘’Selain seleksi di tingkat pengurus, PBB juga melakukan survei dari lembaga independen yang ditunjuk oleh tim pemenangan DPP,’’ ujarnya.

PBB akan melakukan survei guna mengetahui tingkat dukungan masing-masing bacabup dan bacawabup. Sejalan dengan seleksi bacabup dan bacawabup, PBB juga nanti akan membangun koalisi dengan partai politik lain. Di mana, PBB tidak mau kalah dengan parpol yang lain. ‘’PBB tidak pernah kecewa dalam mengusung bakal calon, terbukti berapa kali PBB mengusung HM Suhaili FT, tidak pernah kalah,’’ ucap Lege Warman didampingi Sekretaris PBB Loteng, Didik Arista, dan Bendahara PBB Loteng, M Zulfan.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply