100% Madrasah di Lotim Siap UNBK

Kasi Penmad Kantor Kemenag Kabupaten Lotim, H Zainul Arqam.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) yang akan dilaksanakan serentak pertengahan Maret 2020 mendatang untuk Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dinyatakan 100% sudah siap.

Dari hasil pemantauan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lotim, H Zainul Arqam, di seluruh madrasah, bahwa secara teknis seluruh perangkat ujian dinyatakan rampung dan diyakini tidak ada kendala. ‘’Tidak ada masalah, semua sudah siap termasuk tentang kepesertaan siswa mengikuti ujian, madrasah di Lotim dinyatakan paling baik se-NTB dan tidak ada yang bermasalah terutama yang sering menjadi masalah terkait siswa pindahan. Namun Alhamdulillah Lotim tidak ada masalah,’’ kata Zainul Arqam.

Mulai tahun ini kata Zainul Arqam, dilaksanakan ujian secara mandiri yaitu soal dan kisi-kisi soal dibuat sendiri oleh madrasah termasuk pelaksanaan ujian semester juga dilaksanakan secara mandiri tanpa lagi harus bergantung kepada Kelompok Kerja Madrasah (KKM). Yang mana sebelumnya setiap pelaksanaan ujian semester, soal dan kisi-kisi soal masing-masing madrasah dibuat oleh KKM.

Dia menambahkan, semua madrasah sudah diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan soal dan kisi-kisi soal. Dengan demikian dinyatakan fungsi KKM menjadi berkurang.

Menurut data input di Kemenag Lotim hingga tahun 2020 ini, jumlah madrasah di Lombok Timur, Madrasah Aliyah (MA) 187 buah, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 242 dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) 245 buah.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply