BNPT Monitoring Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Lewat FKPT NTB

Pengurus BNPT bersama FKPT NTB melaksanakan kegiatan monitoring pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme , di Hotel Lombok Garden Mataram, Kamis kemarin (5/3).monitor

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan kegiatan monitoring pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme  (FKPT) NTB, di Hotel Lombok Garden Mataram, Kamis kemarin (5/3).

Rapat internal monitoring pelibatan masyarakat dalam pencegahan teroris melalui FKPT NTB itu, menghadirkan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Dr Andi Intang Dulung dan pengurus FKPT NTB. Acara dimulai dengan presentasi capaian dan kendala FKPT NTB sepanjang tahun 2019 dan diskusi prioritas BNPT.

Ketua FKPT NTB, HL Syafi’i dalam pemaparannya mengungkap program kegiatan FKPT NTB tahun 2019 telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. ‘’Untuk laporan pelaksanaan kegiatan FKPT NTB akan disampaikan oleh Kabid Penelitian yang dulu menjabat Sekretaris, pak Dr Muhaimin. Sedangkan laporan untuk kegiatan FKPT tahun 2020 akan disampaikan pak Lalu Aksar Ansori,’’ katanya.

Sedangkan program FKPT NTB tahun 2020 akan dilaksanakan  oleh lima bidang. Untuk Bidang Pemuda dan Agama akan dilaksanakan lomba video pendek serta dialog pelibatan pemuda dan pelajar. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 24-26 Juni di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan peserta 100 orang.

Selanjutnya Bidang Agama dan Budaya akan dilaksanakan Lomba inovasi pembelajaran inspiratif pendidikan agama berbasis TIK. Kegiatan akan dilaksanakan pada 5-7 Agustus 2020 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dengan peserta 105 orang.

Kemudian Bidang Perempuan dan Anak akan dilaksanakan kegiatan dialog pelibatan Perempuan Agen Perdamaian pada 16-18 September 2020 di Kabupaten Lobar dengan peserta 100-120 orang.

Untuk Bidang Media Massa, Hukum dan Humas akan dilaksanakan kegiatan lomba Jurnalistik, Talkshow dan Dialog Interaktif yang akan dilaksanakan 14-16 Oktober 2020 di Kabupaten Lobar dengan jumlah peserta 100 orang.

Terakhir Bidang Penelitian dan Pengkajian akan dilaksanakan Survei Penguatan Kebhinekaan dan Literasi Digital dalam Upaya Menangkal Radikalisme melalui FKPT, dilaksanakan 3-6 November 2020 di Kabupaten Lobar Barat dengan peserta 100 orang.

Lebih lanjut Syafi’i mengungkapkan beberapa program lain di luar yang telah diprogramkan BNPT yaitu akan menyelenggarakan silaturahmi dengan Sekda NTB, BIN, Polda NTB, Korem 162/WB, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. ‘’Kita juga akan menyelenggarakan program upacara bendera di sekolah dengan inspektur upacara dari Pengurus FKPT NTB. Program ini upaya untuk menanggulangi radikalisme di kalangan remaja,’’ ujarnya.

Di luar kegiatan tersebut, FKPT NTB  juga mendukung program sinerginitas penanggulangan terorisme yang diselenggarakan kerja sama antara BNPT dengan 36 kementerian/lembaga di Indonesia. ‘’Program sinerginitas penanggulangan terorisme dilaksanakan di NTB, Jawa Timur dan Sulawesi Tengah. Untuk di NTB, program sinerginitas telah dilaksanakan di Bima. Program ini sudah berjalan tiga tahun,’’ katanya.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Dr Andi Intang Dulung dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada pengurus FKPT NTB yang telah melaksanakan program kerjanya dengan baik. Salah satu buktinya adalah hasil uji petik yang dilaksanakan BPK dan BNPT di bidang keuangan, semuanya bagus dan bisa dipertanggungjawabkan.

Dikatakan, berdasarkan hasil pemantauan di lima hotel yang dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan FKPT NTB tahun 2019 yaitu Hotel D’Max, Hotel Lombok Astoria, Hotel Jayakarta, Hotel Aruna dan Hotel Aston Inn, hasil pantauan keuangannya bagus.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan FKPT NTB tahun 2020 ini juga bisa bagus. Karena itu, ia mengingatkan semua ketua bidang yang ada di FKPT disiplin dalam membuat laporan kegiatan. Ia juga mengingatkan agar setiap kegiatan yang dilaksanakan di daerah bisa menghadirkan kepala daerah.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply