Rektor Lantik Dekan, Wakil Dekan, Pegawai dan Staf Baru UNW Mataram

Suasana pelantikan dan pengukuhan jajaran pejabat baru di lingkungan civitas akademika UNW Mataram periode 2020-2024, di Gedung Aula Kampus UNW Mataram, pada Senin sore (16/3).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Rektor Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram, Dr TGH Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA resmi melantik dan mengukuhkan jajaran pejabat baru di lingkungan civitas akademika UNW Mataram periode 2020-2024, di Gedung Aula Kampus UNW Mataram, pada Senin sore (16/3).

Pejabat baru yang dilantik dan dikukuhkan tersebut yakni Ketua LPPM, para dekan dan wakil dekan dari masing-masing Fakultas di antaranya; FKIP, Fakultas Kesehatan, Fakultas Hukum, FAI, Fakultas Admistrasi, Fakultas Pertanian dan Fakuktas Sastra. Selain para dekan dan wakil dekan, juga dilantik para pegawai dan staf.

Acara pelantikan tersebut dihadiri pula oleh Ketua Yayasan sekaligus Ketau Dewan Muhtasyar PBNW, Ummuna Dr (HC) Hj Sitti Rainahanun ZAM beserta undangan lainnya. Adapun Surat Keputusan (SK) Rektor UNW Mataram tersebut dibacakan oleh Kepala BAUK UNW Mataram, Drs HM Syukri, M.Pd.

Dr TGH Lalu Abdul Muhyi Abidin, selaku Rektor UNW Mataram melantik dan mengukuhkan para pembantunya guna meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan akademika pada UNW Mataram yang religi, berkarakter dan berdaya saing.

Dr TGH Lalu Abdul Muhyi Abidin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mematangkan struktur organisasi di UNW Mataram dengan prinsip meningkatkan agility, dengan tujuan agar UNW Mataram dapat bergerak lebih lincah, pengembalian keputusan lebih tepat, dan cepat.

‘’Penempatan para pejabat dalam struktur organisasi kami rampungkan secara teliti, mempertimbangkan ketepatan antara tupoksi dan kompetensi para calon pejabat. Hal ini bukan tugas yang mudah, namun dengan kerja sama semua pihak, khususnya masukan-masukan yang sangat berharga dari segenap elemen di internal civitas akademika UNW Mataram untuk bersinergi saling mengisi,’’ kata Rektor UNW Mataram, Dr TGH Lalu Abdul Muhyi Abidin.

Dalam rangka mewujudkan UNW Mataram sebagai a globally respected and locally relevant university, pihaknya telah menyusun beberapa strategi pencapaian dalam mewujudkan UNW Mataram dalam empat ke depan menjadi lebih berkualitas.

Strategi itu di antaranya; pertama, penataan struktur organisasi agar mampu bergerak dengan gesit, manajemen sumber daya insani sebagai aset, dengan pemanfaatan sistem informasi manajemen mengikuti best practices. Kedua adalah peningkatan pendapatan melalui cara-cara yang kreatif dan bermartabat, untuk pendanaan upaya transformasi. Ketiga adalah adopsi paradigma Pendidikan 4.0. Perluasan pengalaman belajar sehingga lebih bordless, penguatan kemampuan critical thinking, complexity/non-linear thinking, inter-disciplinary thinking, independent learning dan collective learning.

Strategi selanjutnya adalah penguatan ekosistem inovasi UNW Mataram dengan pondasi budaya ilmiah yang unggul. Riset unggulan dipertajam dengan pendekatan lintas atau trans-disiplin. Di samping itu, dengan strategi manajemen perubahan. Di mana,  perubahan pejabat adalah dalam rangka kepentingan organisasi. Pembenahan dan pemantapan organisasi juga dalam rangka penyelenggaraan amanah dan pelayanan yang lebih baik, serta menggulirkan kepemimpinan yang berkelanjutan.

Muhyi Abidin mengakui, tantangan pendidikan pada era saat ini disebabkan oleh globalisasi dan modernisasi yang serba canggih, terlebih paradigm Pendidikan 4.0. Sehingga peran perguruan tinggi (PT) harus mampu menjawab hal tersebut.

Muhyi Abidin menekankan bahwa lembaga perguruan tinggi harus bersinergi baik dalam internal UNW Mataram dan berkolaborasi dengan lembaga lain di luar kampus, terutama dalam pengembangan skill mahasiswa.

Dalam rangka 99 hari kerja, Rektor menjelaskan bahwa UNW Mataram sedang mengajukan program pascajana ke Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemeterian Pendidikan dan Kebudayan RI, di Jakarta. Hal tersebut termotivasi oleh SDM tenaga pendidikan (dosen) UNW yang sudah banyak dan sedang mengenyam pendidikan S3, bahkan sudah selesai melaksanakan tugas studinya. Sebagai contoh pada Fakultas Sastra, sudah memiliki 3 dosen doktor. Salah satunya yang disampaikan oleh Muhyi Abidin adalah Dr Ahmad Turmuzi, SS, M.Pd yang dilantik sebagai Dekan Fakultas Sastra UNW Mataram.

Muhyi Abidin optomis bahwa UNW Mataram akan semakin maju, sehingga mampu memberikan kontribusi SDM terbaik untuk NTB khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply