Pasien Positif Covid-19 Asal Lotim, Kondisinya Sudah Membaik

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat memberikan keterangan pers di Posko Waspada Covid-19 Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Selasa (24/3).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengkonfirmasi bahwa satu orang pasien positif Corona asal Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini disampaikan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat konferensi pers di Posko Waspada Covid-19 Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Selasa (24/3).

Kabar baiknya, pasien ini sudah membaik sejak dirawat mulai tanggal 17 Maret 2020 lalu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB. ‘’Bahwa pada hari ini telah terkonfirmasi satu orang pasien positif Covid-19 di NTB dengan berjenis kelamin perempuan berusia 50 tahun. Penderita saat ini dirawat di RSUD Provinsi NTB sejak tanggal 17 Maret 2020 lalu dan sudah dalam keadaan membaik,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Ia menjelaskan bahwa yang bersangkutan kemungkinan tertular di luar NTB karena memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit dalam periode 14 hari terakhir.

Gubernur NTB menuturkan bahwa penderita yang saat ini dalam kondisi semakin membaik, menunggu tes negatif sebanyak dua kali, sebelum bisa dipulangkan ke rumah. Dan petugas kesehatan saat ini sedang melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur untuk menangani kasus ini. ‘’Untuk menghindari penularan lebih lanjut petugas kesehatan sedang melakukan kontak tracking terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan,’’ ujarnya.

Untuk menghindari wabah ini, ia meminta kepada masyarakat NTB untuk tetap mentaati imbauan pemerintah demi kebaikan diri sendiri, keluarga, dan orang lain di sekitarnya. ‘’Diharapkan kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, hindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat serta mengurangi aktivitas di luar rumah,’’ katanya.

Jika terpaksa keluar rumah, masyarakat juga diminta untuk tenang dan tidak panik namun tetap waspada dan menggunakan masker saat berada di luar rumah. Adapun data sementara yakni, jumlah orang masih dalam pantauan 232, pasien dalam pengawasan berjumlah 27 namun 11 sudah selesai dalam pengawasan sehingga tersisa 16 pasien masih dalam pengawasan. Untuk informasi kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB juga menyediakan laman resmi Satgas Pemerintah Provinsi NTB Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, Layanan Hotcall penanganan penyebaran Pendemik Covid-19 di NTB 081805787239, 08124686317, 08123785657, 081236139917.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply