RSUD NTB Mulai Periksa Sampel Swab PDP Covid-19

Petugas Laboratorium di Unit Riset Biomedik RSUD Provinsi NTB.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Unit Riset Biomedik RSUD Provinsi NTB mulai hari ini, Senin (6/4), secara faktual telah menerima dan melakukan pemeriksaan sampel Swab pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang dikirim dari Rumah Sakit yang melakukan perawatan PDP Covid-19 di NTB.

Direktur RSUD Provinsi NTB, dr HL Hamzi Fikri mengatakan bahwa Unit Riset Biomedik RSUD Provinsi NTB yang telah dipersiapkan menjadi salah satu Laboratorium Rujukan Pemeriksaan Swab PDP Covid-19, kini sudah mulai melakukan pemeriksaan sampel Swab PDP Covid-19 dengan menggunakan alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

dr Hamzi Fikri menjelaskan, untuk mendukung kelancaran proses pemerikasaan tersebut, pihaknya telah mengatur tenaga pemeriksa dari pagi sampai pukul 21.00 Wita untuk menyelesaikan pemeriksaan sampel. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan fungsi alat RT-PCR sesuai resource yang kita miliki.

‘’Selanjutnya hasil pemeriksaan sampel Swab tersebut akan disampaikan ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI di Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB sesuai ketentuan,’’ kata dr Hamzi Fikri.

dr Hamzi Fikri menambahkan, dengan kelengkapan peralatan tersebut, maka NTB saat ini hanya membutuhkan waktu minimal 1 hari untuk memeriksa Swab pasien. ‘’Kan selama ini kita kirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI dan itu memakan waktu sekitar 6-7 hari,’’ ujarnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply